Langsung ke konten utama

Produk Bio Urine Pucak Manik

Kelompok Tani Ternak Pucak Manik merupakan Kelompok Tani Ternak Sapi Bali yang terlatak di Banjar Dinas Bukit Sakti, Desa Lokapaska, yang merupakan salah satu Kelompok sebagai proyek percontohan Pemerintah Propinsi Bali dalam sistem pertanian terpadu/ terintegrasi yang di bali lebih dikenal dengan istilah SIMANTRI. Hingga kini tetap eksis dan semakin berkembang mengembangkan kegiatan kelompoknya. Dari sisi hilir kegiatan peternakanya telah mampu memproduksi Pupuk Cair Bio Urine, baca lebih lanjut artikel kami yang berjudul "Mengubah Kencing Sapi Jadi Uang".

Pupuk Cair Bio Urine ini berbahan dasar dari limbah peternakan yakni Urine Sapi (Air Kencing Sapi) yang kemidian di fermentasi dengan bakteri/fermentor selama seminggu yang selanjutnya diproses lagi dengan aerator dengan tujuan mengurangi bau amoniak serta kadar air yang terkandung dalam urine sap.


Fungsi dari Pupuk Cair Bio Urine ini adalah :
1. Memperbaiki struktur Tanah
2. Menyuburkan
3. Memperpanjang masa produktifitas Tanaman
4. Meningkatkan Kwalitas Bunga dan Buah
5. Meningkatkan Daya Tahan Tanaman Terhadap Hama dan Penyakit
6. Menetralisir Residu Zat Berbahaya


Aturan Pakai dari Pupuk Cair Bio Urine ini adalah :
Untuk Tanaman Perkebunan pengaplikasiannya yakni 1 Liter Bio Urine ditambah dengan 5 Liter air kemudian disemprotkan atau disiramkan pada tumbuhan, biasanya untuk penyemprotan ditambahkan dengan 1 butir telor sebagai perekat. sedangkan 
Untuk tanaman Palawija pengaplikasiannya yakni 1 Liter Bio Urine ditambah dengan 10 Liter air kemudian disemprotkan atau disiramkan pada tumbuhan, biasanya untuk penyemprotan ditambahkan dengan 1 butir telor sebagai perekat.

Harga Pupuk Cair Bio Urine ini adalah : 
Pupuk Cair Bio Urine ini sangatlah murah sekali, sangat terjangkau bagi para petani, bahkan bagi para petani yang kreatif yang memiliki sapi bisa membuat sendiri di rumah dengan sekala kecil, namun jika tidak memiliki sapi alangkah baiknya membeli langsung kepada kami di Kelompok Tani Ternak Pucak Manik dengan Harga Rp. 5.000,-/Liter Curah (Tanpa Kemasan) atau Bisa langsung membeli yang sudah dalam kemasan botol plastik isi 1 liter dengan harga Rp.  20.000/Botol. 

Jika anda membeli dalam skala besar alangkah baiknya membeli dalam bentuk curah, sebab kemasan bisa dalam bentuk jirigen isi 40 liter dengan harga yang jauh lebih murah....!

Dari sisi Praaktisnya Penggunaan pupuk cair bio urine sangat praktis dibandingkan dengan pupuk kompos, karena pupuk kompos dari sisi kemasan yang berat juga membutuhkan jumlah yang banyak. Serta yang jauh lebih penting adalah Pupuk Cair Lebih cepat diserap oleh Tumbuhan.


melalui kesempatan ini kami mengajak, mari kita lebih mencintai Alam dengan kembali ke Organik denmi masadepan kita yang jauh lebih baik....!


Kelompok Tani Ternak Pucak Manik
Alamat :Banjar Dinas Bukit Sakti, Desa Lokapaksa, Kec. Seririt, Kab. Buleleng Bali
Kode Post : 81153
Contac Persson/Telp. :  
- Gung Raka : (0362)7022111 atau 08174759519  
- Gusti Putu Yasa : 085237871518
- Gusti Putu Arthayasa : 087762545156

Komentar

  1. maju terus n makin kreatif

    BalasHapus
  2. Terimakasih Atas Kunjungannya...! sukses untuk kita semua

    BalasHapus
  3. Trm ksh atas infonya...
    sy ingin tahu metoda pemisahan atau bentuk kandang di kelompok anda yg seperti apa tipenya/bentuknya sehingga urine bisa di hasilkan...trm ksh...

    BalasHapus
  4. sy yg anonim @14/05/13 14.34....mohon metoda/bentuk kandang (tepatnya lantainya)...jika ada gambar atau metoda mohon di emailkan ke hudakurnia@gmail.com......trm ksh

    BalasHapus
  5. @Anonim @ 14/05/13 14.34 : terimakasih atas kunjungannya di blog kami, Mengenai bentuk kandang kami sebenarnya sudah pernah saya posting pada halaman sebelumnya yang berjudul : http://kelompokternakpucakmanik.blogspot.com/2010/04/simantri-sistem-manajemen-pertanian.html
    Disana terlihat bagian lantai yang agak miring ke belakang, dimana pada bagian paling belakang terdapat semacam parit kecil sebagai saluran kencing yang di hubungkan ke bak penampungan urine untuk kemudian di fermentasi.

    BalasHapus
  6. Biourine'a sudah di inokulasikan azotobacter??

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Alat Tradisional Pertanian

Pulau Bali, pulau kecil munggil nan unik dengan segala keindahan panorama alam nya, dengan keunikan budayanya telah berhasil memikat hati para wisatawan di dunia. Berbicara soal keindahan panaroma Alam Bali, Keunikan Budaya Bali dan Pesatnya Pariwisata Bali kita tidak bisa terlepas dari sebuah dunia yang disebut Pertanian Bali. Pertanian di bali memiliki pertalian yang erat antara Budaya, Agama, Alam Bali dan Pariwisata di Bali. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pertanian di bali adalah adalah sesuatu hal yang sangat kompleks sekali karena selalu bersentuhan dengan sektor yang lainnya, Sebagai contoh Sistem Subak yang sangat terkenal dan mendunia ini. Sistem Subak merupakan sebuah organisasi yang mengatur tata kelola sistem pengairan persawahan di bali yang menerapkan konsep "Tri Hita Karana" yakni sebuah konsep harmonisasi antara hubungan manusia dengan Tuhan, Lingkungan/alam dan manusia itu sendiri. Dalam hal ini di sektor pertanian kita akan membahas  mengenai alat

BIODYNAMIC FARMING = ORGANIK PLUS

Kemaren habis keja Keras, bangun pagi pun telat, lalu stel TV chanel NHK, Tiba-tiba Dwee...ng, dapet info pertanian BIODYNAMIC FARMING , Luar biasa...! bagi petani seperti saya yang sama sakeli belum mengenal dunia pertanian secara utuh. Paman Google Bekerja saat itu juga, dapetnya info berbahasa inggris, akalpun datang...! Twing..! Twing...! Paka bantuan Translate, walaupun belepotan tapi kanggoin aja yang penting tau sedikit-sedikit mengenai BIODYNAMIC FARMING. Tulisan ini kami kutip dari berbagai sumber, mudah-mudahan berguna bagi kita semua.   BIODYNAMIC FARMING Secara Etimologi Istilah BIODYNAMIC berasal dari 2 suku kata yakni BIO dan DYNAMIC , yang kedua suku kata tersebut diambil dari bahasa yunani. BIO atau BIOS yang Berarti Hidup dan DYNAMIC atau DINAMIS yang berarti Energi atau Kekuatan Pendorong. Jadi Biodynamic merupakan kombinasi dari praktek biologis dan dinamis.

Administrasi Kelompok Tani / Gapoktan

Bagi Kami pada awal-awal pendirian Kelompok Ternak Pucak Manik sebagai Kelompok Tani Ternak Sapi Bali , yang merupakan salah satu proyek percontohan Pemerintah Provinsi Bali dalam sistem pertanian terpadu / Sistem Pertanian Terintegrasi yang di bali lebih dikenal dengan istilah SIMANTRI yakni Sistem Management Pertanian Terintegrasi dalam rangka menuju visi bali organik, bali clean dan bali mandara, ini kami banyak di bimbing oleh seorang PPL yang sangat baik diterima dihati Anggota kelompok kami, Beliau adalah : Bapak I Made Santiyasa, SP. beliau banyak memberi arahan dan bimbingan  agar kelompok kami maju dan berkembang, untuk itu salah satunya kami harus memulai dengan tertib Administrasi dalam kelompok, tersedianya kelengkapan administrasi pembukuan yang baik.  adapun buku-buku yang mesti dilengkapi Baik buku keuangan maupun buku  non keuangan. Dengan ini kami ingin berbagi kepada para petani yang baru membentuk kelompok tani (POKTAN) maupun GAPOKTAN, beberapa contoh Admisitra