RSS : Articles / Comments


Produk Bio Urine Pucak Manik

5/11/2012, Posted by Kelompok Ternak Pucak Manik, 6Comments

Kelompok Tani Ternak Pucak Manik merupakan Kelompok Tani Ternak Sapi Bali yang terlatak di Banjar Dinas Bukit Sakti, Desa Lokapaska, yang merupakan salah satu Kelompok sebagai proyek percontohan Pemerintah Propinsi Bali dalam sistem pertanian terpadu/ terintegrasi yang di bali lebih dikenal dengan istilah SIMANTRI. Hingga kini tetap eksis dan semakin berkembang mengembangkan kegiatan kelompoknya. Dari sisi hilir kegiatan peternakanya telah mampu memproduksi Pupuk Cair Bio Urine, baca lebih lanjut artikel kami yang berjudul "Mengubah Kencing Sapi Jadi Uang".

Pupuk Cair Bio Urine ini berbahan dasar dari limbah peternakan yakni Urine Sapi (Air Kencing Sapi) yang kemidian di fermentasi dengan bakteri/fermentor selama seminggu yang selanjutnya diproses lagi dengan aerator dengan tujuan mengurangi bau amoniak serta kadar air yang terkandung dalam urine sap.


Fungsi dari Pupuk Cair Bio Urine ini adalah :
1. Memperbaiki struktur Tanah
2. Menyuburkan
3. Memperpanjang masa produktifitas Tanaman
4. Meningkatkan Kwalitas Bunga dan Buah
5. Meningkatkan Daya Tahan Tanaman Terhadap Hama dan Penyakit
6. Menetralisir Residu Zat Berbahaya


Aturan Pakai dari Pupuk Cair Bio Urine ini adalah :
Untuk Tanaman Perkebunan pengaplikasiannya yakni 1 Liter Bio Urine ditambah dengan 5 Liter air kemudian disemprotkan atau disiramkan pada tumbuhan, biasanya untuk penyemprotan ditambahkan dengan 1 butir telor sebagai perekat. sedangkan 
Untuk tanaman Palawija pengaplikasiannya yakni 1 Liter Bio Urine ditambah dengan 10 Liter air kemudian disemprotkan atau disiramkan pada tumbuhan, biasanya untuk penyemprotan ditambahkan dengan 1 butir telor sebagai perekat.

Harga Pupuk Cair Bio Urine ini adalah : 
Pupuk Cair Bio Urine ini sangatlah murah sekali, sangat terjangkau bagi para petani, bahkan bagi para petani yang kreatif yang memiliki sapi bisa membuat sendiri di rumah dengan sekala kecil, namun jika tidak memiliki sapi alangkah baiknya membeli langsung kepada kami di Kelompok Tani Ternak Pucak Manik dengan Harga Rp. 5.000,-/Liter Curah (Tanpa Kemasan) atau Bisa langsung membeli yang sudah dalam kemasan botol plastik isi 1 liter dengan harga Rp.  20.000/Botol. 

Jika anda membeli dalam skala besar alangkah baiknya membeli dalam bentuk curah, sebab kemasan bisa dalam bentuk jirigen isi 40 liter dengan harga yang jauh lebih murah....!

Dari sisi Praaktisnya Penggunaan pupuk cair bio urine sangat praktis dibandingkan dengan pupuk kompos, karena pupuk kompos dari sisi kemasan yang berat juga membutuhkan jumlah yang banyak. Serta yang jauh lebih penting adalah Pupuk Cair Lebih cepat diserap oleh Tumbuhan.


melalui kesempatan ini kami mengajak, mari kita lebih mencintai Alam dengan kembali ke Organik denmi masadepan kita yang jauh lebih baik....!


Kelompok Tani Ternak Pucak Manik
Alamat :Banjar Dinas Bukit Sakti, Desa Lokapaksa, Kec. Seririt, Kab. Buleleng Bali
Kode Post : 81153
Contac Persson/Telp. :  
- Gung Raka : (0362)7022111 atau 08174759519  
- Gusti Putu Yasa : 085237871518
- Gusti Putu Arthayasa : 087762545156


6 Comments

mank zhou @ 20/05/12 10.21

maju terus n makin kreatif

Kelompok Ternak Pucak Manik @ 11/06/12 23.22

Terimakasih Atas Kunjungannya...! sukses untuk kita semua

Anonim @ 14/05/13 14.34

Trm ksh atas infonya...
sy ingin tahu metoda pemisahan atau bentuk kandang di kelompok anda yg seperti apa tipenya/bentuknya sehingga urine bisa di hasilkan...trm ksh...

Anonim @ 14/05/13 15.01

sy yg anonim @14/05/13 14.34....mohon metoda/bentuk kandang (tepatnya lantainya)...jika ada gambar atau metoda mohon di emailkan ke hudakurnia@gmail.com......trm ksh

Gung Raka Purnawan @ 28/05/13 07.04

@Anonim @ 14/05/13 14.34 : terimakasih atas kunjungannya di blog kami, Mengenai bentuk kandang kami sebenarnya sudah pernah saya posting pada halaman sebelumnya yang berjudul : http://kelompokternakpucakmanik.blogspot.com/2010/04/simantri-sistem-manajemen-pertanian.html
Disana terlihat bagian lantai yang agak miring ke belakang, dimana pada bagian paling belakang terdapat semacam parit kecil sebagai saluran kencing yang di hubungkan ke bak penampungan urine untuk kemudian di fermentasi.

Anonim @ 18/11/14 10.05

Biourine'a sudah di inokulasikan azotobacter??

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda