Langsung ke konten utama

Analisis Design Sistem Info LKM-A PUAP

Pemerintah Melalui Kementrian Pertanian beserta jajaran telah merealisasiakan bantuan sosial berupa PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan) dalam rangka membangun Ekonomi Produktif Pedesaan melalui peningkatan kinerja ekonomi petani di perdesaan. Melalui program PUAP dapat mempercepat upaya mengentaskan masyarakat perdesaan khususnya petani dari kemiskinan dan pengangguran sesuai dengan tujuan pembangunan pertanian. 

PUAP yang telah di dilaksanakan oleh pengurus GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) yang selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan bantuan yang telah diberikan, kemudian diharapkan dapat melalui beberapa fase perkembangan gapoktan setiap tahunnya diantaranya :
1. Pada Tahun I : Fase Usaha Pertanian
2. Pada Tahun II : Fase Usaha Simpan Pinjam
3. Pada Tahun III : Fase Usaha LKM-A (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis)
Nah dari ke 3 fase tersebut diatas, bagi para pengurus gapoktan yang sebagian besar adalah para petani tentu akan banyak mengalami sebuah kendala terutama yang menyangkut pengolahan data keanggotaan, data keuangan, pelaporan kegiatan kepada pihak terkait baik itu pemerintah maupun anggota itu sendiri disamping kendala eksternal lainnya.

Melalui kesempatan ini saya akan mencoba membaut sebuah analisis dan design system informasi LKM-A PUAP dengan harapan kedepan dari Analisis dan Design Program ini akan bisa dikembangkan menjadi sebuah program berbasis komputerisasi yang nantinya dapat mempermudah pekerjaan, pengambilan keputusan bagi para pengurus gapoktan pelaksana program LKM-A PUAP.
Baik kita mulai pada inti pembahasan Proposal "Analisis Design Sistem Info LKM-A PUAP"


BAB I 
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini dalam segala bidang pekerjaan kususnya pekerjaan yang menyangkut pelayanan kepada public kita dituntut bekerja secara cepat, cermat, tepat dan akurat serta sudah tentu efektif dan efisisen terhadap ruang dan waktu, hal ini merupakan suatu tangtangan yang sangat berat bagi kita untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu bidang pekerjaan yang menjadi pelayanan kepada public yang menuntut kecepatan, kecermatan, ketepatan, keakuratan serta efektif dan efisien adalah bidang pelayanan public yang menyangkut pengelolaan keuangan kepada public, baik dilihat dari scala keungan yang besar sampai dengan yang kecil, seperti : LPD, Koperasi maupun pengelolaan keuangan masyarakat seperti program dana bergulir PUAP yang di kelola oleh Gapoktan. 

Dalam pengeloaan keuangan kita benar-benar dituntut mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada public sehingga tercapai tujuan dari Organisasi GAPOKTAN yang bergerak dalam bidang pengelolaan keuangan PUAP. Disamping tuntutan itu juga kita harus mampu memberikan suatu transparansi kerja kepada semua pihak sehingga secara tidak langsung kita mendapatkan suatu kepercayaan dari masyarakat.


Didalam pengelolaan keuangan kita sering kali menemukan suatu masalah dalam mengelola suatau data keuangan yang begitu besar sehingga kita tidak mampu memenuhi tuntutan masyarakat secara cepat dan tepat / Real Time apabila kita masih menggunakan sistem pengelelolaan secara konvensional.


Seiring dengan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangatlah pesat, maka didalam memenuhi tuntutan public tersebut salah satu jalan yang dapat kita tempuh adalah dengan peng implementasian  suatu program pengelolaan keuangan kedalan sistem komputerisasi sehingga data yang kita peroleh dapat memenuhi tuntutan public.
 
1.2 Maksud dan Tujuan 
Adapun Maksud dan tujuan Pengembangan Sistem Informasi LKM-A PUAP ini adalah :
1.  Mengetahui sistem akuntansi dalam pengelolaan keuangan dana bergulir PUAP.
2.  Dapat mendesain, merancang sistem akuntansi program keuangan dana bergulir PUAP.
3.  Dengan Sistem yang telah terbentuk dapat meningkatkan effisiensi dan effektifitas kerja dalam memenuhu tuntutan public.
4.  Dengan Sistem yang telah terbentuk dapat memberikan per-tanggung jawaban keuangan yang transparan kepaada pihak yang memerlukannya.


1.3 Batasan Masalah
Mengingat sangat luasnya ruang lingkup pembahasan maka dengan ini ruang lingkup pembahasan kami batasi pada :
1. Sistem Informasi LKM-A PUAP yang menyangkut pengelolaan keuangan berdasarkan manual progran PUAP yang diterapkan secara konvensiaonal dilapangan oleh tim pengelola keuangan PUAP atau Pengurus Gapoktan seperti : Daftar Pemohon Melalui RUA dan RUB, prosess realisasi dana bergulir, rekapitulasi piutang dana bergulir, prosess pengeluaran kas, prosess penerimaan kas dan proses Reportisassi seperti : Jurnal Umum, Buku Besar, Neraca dan Laba Rugi.
2. Dalam prosess reportisassi keuangan yang digunakan berdasarkan model pada manual program yang telah ditetapkan dilapangan.
3. Sistem desain program menggunakan bahasa Pemrograman VB.60 atau VB.Net atau mungkin bisa dikembangkan pada pemrograman berbasis WEB dengan PHP dimana database yang digunakan bisa berupa Microsoft Access, MySQL atau SQL Server sesuai dengan Kemampuan Programer.
4. Sebagai bahan Pengembangan tahap awal maka  saya akan mengembangkan program ini dengan VB.60 dengan Database Microsoft Access.

BAB II
GAMBARAN UMUM SYSTEM
Sistem database yang akan dibuat dalam desaian sistem ini adalah Sistem Informasi LKM-A PUAP, yang akan mendukung proses transaksi keuangan dan sistem akuntansi keuangan GAPOKTAN. 

2.1 Statement Of Purpose
Tujuan dari pembuatan Sistem Informasi
LKM-A PUAP ini untuk membantu keefisienan kerja bagi tim pengelolaan keuangan/Pengurus GAPOKTAN bantuan dana bergulir PUAP serta memudahkan dalam memenuhi tuntutan public

2.2 Daftar Kejadian / Event List (EL)
Daftar Kejadian pada
Sistem Informasi LKM-A PUAP ini adalah sebagai berikut :
Tahap 1
1. Registrasi Keanggotaan Gapoktan masing-masing individual berdasarkan kelompok POKTAN yang di ikutinya 
2. Anggota disimpan kedalam tabel Anggota

Tahap 2
1. Registrasi pemohon dana bergulir PUAP melalui RUA dan RUK
2. pemohon disimpan kedalam tabel pemohon
Tahap 3
1. Berdasarkan kebijakan manajemen pengelola keuangan dana bergulir PUAP dari daftar pemohon yang telah memenuhi ssyarat akan direalisasikan permohonannya dan menjadi penerima/debitur dana bergulir
PUAP GAPOKTAN.
2. Debitur  menerima dokumen surat perjanjian, daftar angsuran, bukti penerimaan uang dan uang tunai berupa dana bergulir sesuai permohonan dan perjanjian
Tahap 4
1. Dalam waktu sebulan massa pinjaman maka debitur melakukan kwajibannya dengan menyetor dana berupa Pokok dan bunga pinjaman
2. Cetak kartu angsuran dan debitur menerima bukti pembayaran.
Tahap 5
1. Dalam waktu sebulan tim pengelola menerima ongkos kerja yang diproses kedalam aplikasi program pengeluaran kas
2. semua proses yang menyebabkan kas berkurang akan di proses kedalam aplikasi program pengeluaran kas
Tahap 6

Prosess reportisasi dilakukan untuk jurnal umum, buku besar, neraca, laba rugi setiap bulannya dalam posting bulanan
Tahap 7
Dalam setahun dilakukan rekapitulasi data tahunan dan posting data secara menyeluruh.


Adapun  gambaran umum dari
Sistem Informasi LKM-A PUAP Adalah seperti gambar dibawah ini :
2.3 Diagram Context
Untuk lebih jelas mengenai gambaran umum
Sistem Informasi LKM-A PUAP ini maka dapat dilihat dalam dan Diagram Context dibawah ini :

2.4 DFD (Data Flow Diagram )
Untuk lebih jelas mengenai gambaran umum Sistem Informasi LKM-A PUAP ini maka dapat dilihat dalam Data Flow Diagram dibawah ini :

2.5 Entity Relationship Diagram ( ERD )
Untuk lebih jelas mengenai gambaran umum Sistem Informasi LKM-A PUAP ini maka dapat dilihat dalam Entity Relationship Diagram ( ERD ) dibawah ini : 

2.6 Struktur Data
Untuk lebih jelas mengenai Struktur Data Sistem Informasi LKM-A PUAP ini disesuaikan dengan database yang akan di kembangkan, sebab database sistem memiliki type data yang berbeda. Dalam hal ini saya belum sampai membuat database yang nantinya di pakai.


BAB III 
PENUTUP
Sistem Informasi LKM-A PUAP ini masih merupakan Sebuah konsep Sistem Informasi, yang selanjutnya bisa dikembangkan lebih jauh dan melalui gambaran design program ini saya berharap kedepan bisa terwujud sebuah program komputerisasi Sistem Informasi LKM-A PUAP yang nantinya mampu mempermunah kinerja para pengurus GAPOKTAN pelaksana PUAP di seluruh indonesia

Secara pribadi saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak dalam rangka penyempurnaan design Sistem Informasi LKM-A PUAP ini, tentu masih banyak kekurangan dari design yang saya buat ini dan saat ini saya sedang merancang programnya dengan VB.60 dan database Microsoft Access, harapan saya semoga tidak ada hambatan dan jika telah selesai maka saya akan Share kepada semua pihak untk bisa mencoba aplikasi yang saya buat nantinya.
Akhir kata Mohon Doa semoga kita semua dalam Keadaan Sehat Walafiat dan Sukses untuk Petani Indonesia.

Komentar

  1. ijin copas buat di sebarluaskan pak...

    BalasHapus
  2. Silahkan di COPAS, dan mohon masukannya..!

    BalasHapus
  3. sebenarnya ngak berbeda jauh dengan bmt , kjks ,ksp , cuma untuk lkm-a anggotanya kelompok tani dan syukur karena para gapoktan ini bisa mendapat bantuan 100 juta dari pemerintah. Memang pembukuan dengan komputer penting untuk gapoktan, kalau ada dana segar lagi bisa lebih mudah cairnya .salut buat desain sistemnya , sederhana tapi mengenai sasaran.

    BalasHapus
  4. terimakasih ats artikelnya

    BalasHapus
  5. maaf pak, mau tanya. bagaimana cara mengelola dana bantuan dari PUAP tersebut?
    adakah bunga dalam peminjamannya? jika ada berapa persen bunga tersebut?
    terimakasih

    BalasHapus
  6. Trimakasih telah berbagi ilmunya smoga bermanfaat

    BalasHapus

  7. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  8. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  9. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal orang Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran nyata kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, kadang-kadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria dan Singapura dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya bernama EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ny. ESTHER PATRICK Manajer cabang dari Access loan Firm, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan tingkat bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mentransfer pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah Rp600.000.000 yang saya terapkan telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya buktinya dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik, LADY ESTHER telah melakukannya dalam hidup saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk memberi tahu dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentang dia, Dia menawarkan semua jenis pinjaman baik untuk perorangan maupun perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Mahakuasa terus memberkati LADY ESTHER atas pekerjaannya yang baik dalam hidup dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk meminta saya untuk rincian lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  10. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Alat Tradisional Pertanian

Pulau Bali, pulau kecil munggil nan unik dengan segala keindahan panorama alam nya, dengan keunikan budayanya telah berhasil memikat hati para wisatawan di dunia. Berbicara soal keindahan panaroma Alam Bali, Keunikan Budaya Bali dan Pesatnya Pariwisata Bali kita tidak bisa terlepas dari sebuah dunia yang disebut Pertanian Bali. Pertanian di bali memiliki pertalian yang erat antara Budaya, Agama, Alam Bali dan Pariwisata di Bali. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pertanian di bali adalah adalah sesuatu hal yang sangat kompleks sekali karena selalu bersentuhan dengan sektor yang lainnya, Sebagai contoh Sistem Subak yang sangat terkenal dan mendunia ini. Sistem Subak merupakan sebuah organisasi yang mengatur tata kelola sistem pengairan persawahan di bali yang menerapkan konsep "Tri Hita Karana" yakni sebuah konsep harmonisasi antara hubungan manusia dengan Tuhan, Lingkungan/alam dan manusia itu sendiri. Dalam hal ini di sektor pertanian kita akan membahas  mengenai alat

BIODYNAMIC FARMING = ORGANIK PLUS

Kemaren habis keja Keras, bangun pagi pun telat, lalu stel TV chanel NHK, Tiba-tiba Dwee...ng, dapet info pertanian BIODYNAMIC FARMING , Luar biasa...! bagi petani seperti saya yang sama sakeli belum mengenal dunia pertanian secara utuh. Paman Google Bekerja saat itu juga, dapetnya info berbahasa inggris, akalpun datang...! Twing..! Twing...! Paka bantuan Translate, walaupun belepotan tapi kanggoin aja yang penting tau sedikit-sedikit mengenai BIODYNAMIC FARMING. Tulisan ini kami kutip dari berbagai sumber, mudah-mudahan berguna bagi kita semua.   BIODYNAMIC FARMING Secara Etimologi Istilah BIODYNAMIC berasal dari 2 suku kata yakni BIO dan DYNAMIC , yang kedua suku kata tersebut diambil dari bahasa yunani. BIO atau BIOS yang Berarti Hidup dan DYNAMIC atau DINAMIS yang berarti Energi atau Kekuatan Pendorong. Jadi Biodynamic merupakan kombinasi dari praktek biologis dan dinamis.

Administrasi Kelompok Tani / Gapoktan

Bagi Kami pada awal-awal pendirian Kelompok Ternak Pucak Manik sebagai Kelompok Tani Ternak Sapi Bali , yang merupakan salah satu proyek percontohan Pemerintah Provinsi Bali dalam sistem pertanian terpadu / Sistem Pertanian Terintegrasi yang di bali lebih dikenal dengan istilah SIMANTRI yakni Sistem Management Pertanian Terintegrasi dalam rangka menuju visi bali organik, bali clean dan bali mandara, ini kami banyak di bimbing oleh seorang PPL yang sangat baik diterima dihati Anggota kelompok kami, Beliau adalah : Bapak I Made Santiyasa, SP. beliau banyak memberi arahan dan bimbingan  agar kelompok kami maju dan berkembang, untuk itu salah satunya kami harus memulai dengan tertib Administrasi dalam kelompok, tersedianya kelengkapan administrasi pembukuan yang baik.  adapun buku-buku yang mesti dilengkapi Baik buku keuangan maupun buku  non keuangan. Dengan ini kami ingin berbagi kepada para petani yang baru membentuk kelompok tani (POKTAN) maupun GAPOKTAN, beberapa contoh Admisitra