Langsung ke konten utama

Membuat Proposal Permohonan


Ada sebuah pernyataan seorang Profesor Doktor yang kebetulan terbaca di media dunia maya ini, pernyataan itu kurang lebih "menganggap program Simantri hanya menguntungkan dan dapat dinikmati oleh para petani kaya yang pintar menyusun proposal bukan pada petani tradisional". Jujur saya merasa terketuk hati saya, saya menulis dalam media blog ini untuk teman-teman sesama petani, saya bantu mereka menyusunkan sebuah proposal permohonan bantuan SIMANTRI yang kemudian diajukan kepada gubernur. Suatu saat saya akan posting sebuah artikel profil petani miskin di dalam kelompok-kelompok Simantri, sebagai tanda bahwa Mereka Layak mendapatkan Simantri.
Pernyataan "Petani Kaya", menurut saya kata kaya itu relatif, apakah ukuran petani kaya itu...?, memiliki uang banyak, mobil, traktor, banyak sapi, ladang luas, pergaulan yang luas, atau apa...?, saya sulit mendifinisikan dengan benar.  
Menurut kami Simantri jauh lebih layak diberikan kepada GAPOKTAN mengingat Gapoktan adalah induk semua Poktan termasuk Subak, lalu kenapa mesti "ada friksi" antara subak dengan gapoktan...?, toh juga mereka ada didalam gapoktan, yang nantinya gapoktan menjadi sebuah lembaga bagi petani di desa, yang sejalan dengan penguatan kelembagaan petani. Mengenai pernyataan "Hanya petani pintar", Menurut saya petani Bali mesti pintar, petani tidak hanya berkutat dalam belepotan lumpur saja, melainkan petani wajib pintar di segala aspek, menguasai manajemen, mengauasai IT dan lain sebagainya, karena dunia pertanian adalah dunia kompleks dan dinamis, yang sarat akan tebaran ilmu pengetahuan real. Ilmu pengetahuan tidak mesti dibangku kuliah saja adanya, bahkan di dunia pertanian jauh lebih banyak, kalo seorang profesor berniat membantu petani begini caranya :
1. Bantu Uji Lab GRATIS Produk SIMANTRI diantaranya : Pupuk Kompos, Produk Bio Urine, Produk Bio Kultur, dan lain sebagainya agar petani bisa mendapat sertifikasi atas produk mereka.
2. Bantu didik Petani dengan bagikan ilmu manajement, Sentuhan IPTEK dalam mekanisasi pertanian, thesis dan hasil-hasil penelitian jangan ditaruh di perpustakaan saja, share dengan petani di kelompok atau subak, na itu kan ada yang namanya Tri Dharma Perguruan Tinggi, implementasi nyatakan itu.

Nah biar tidak berkutat seputar pernyataan beberapa pihak tadi, maka kali ini saya akan coba membagi sebuah teknik pembuatan proposal yang saya ketahui, dan tentu jauh dari sempurna, untuk itu mohon masukan yang membangun untuk kebaikan artikel ini dan kemajuan kita semua.

Dalam penulisan proposal sekurang kurangnya memuat 5W+1H dengan rincian sebagai berikut :
1. Apa (WHAT).
Apa yang akan dilakukan dalam kegiatan tersebut, dasar hukumnya apa, gambaran umum, alasan kegiatan dilaksanakan (kegiatan prioritas, tupoksi), berdasarkan rencana kerja Kelompok atau dasar lainnya, serta batasan kegiatan itu sendiri.
2. Mengapa (WHY)
Kenapa kegiatan tersebut perlu dilaksanakan, dan sasaran program yang hendak dicapai, sehingga maksud dan tujuannya jelas.
3. Indikator keluaran
Indikator keluaran kualitatif diukur dengan output apa yang akan dihasilkan, kualitas dan manfaatnya. Demikian juga dengan indikator kuantitatif diukur dengan jumlah atau volume output sasaran
4. Dimana (WHERE)
Tempat dilaksanakan kegiatan dimana, di kabupaten/Kecamatan.
5. Siapa (WHO)
Siapa pelaksana kegiatan (kepanitiaan, jumlah personel) Siapa penanggung jawab kegiatan untuk mencapai output yang ditargetkan. Siapa penerima manfaat (lembaga, masyarakat)

6. Kapan (WHEN)
Jangka waktu kegiatan dimulai dan selesainya, Kalo bisa disertakan matrik pelaksanaan kegiatan (time table)
7. Bagaimana (HOW)
Bagaimana cara kegiatan tersebut dilaksanakan, metoda pelaksanaan yang digunakan misalnya dengan tender, swakelola, atau bantuan sosial. Selain itu juga bagaimana tahapan pelaksanaan untuk mencapai indikator keluaran. misalnya melalui kerjasama dengan Organisasi masyarakat seikitarnya.
8. Berapa Biaya (HOW MUCH)
Jumlah biaya yang diperlukan untuk pelaksanaan pekerjaan/kegiatan tersebut, berikut RAB (Rencana Anggaran Biaya) sesuai dengan RUA (Rencana Usaha Anggota) atau RUK (Rencana Usaha Kelompok).
 

Sistematika dalam penulisan proposal permohonan bantuan adalah sebagai berikut :
1. Cover Proposal
Merupakan Halaman pertama dari sebuah proposal, yang memuat judul proposal, Penulis, Istansi Pembuat Proposal dan tahun pembuatan proposal.
2. Kata Pengantar
Pengantar sebuah proposal, biasanya berisi ucapan terimakasi, permohonan maaf jika ada kesalahan serta harapan dari penulis.
3. Daftar Isi
Merupakan serangkaian isi dari setiap bab dalam pembahasan proposal dengan menyertakan halamannya.
4. Daftar Gambar (Kalo Ada)
5. Daftar Tabel (Kalo Ada)
6. BAB I PENDAHULUAN
Latar Belakang
Berisi beberapa hal yang melatar belakangi penyusunan proposal yang biasanya disertai dengan serangkaian masalah yang ada.
Rumusan Masalah
Merumuskan masalah yang telah dibahas dalam latar belakang diatas, biasanya dimuat dalam bentuk kalimat tanya tanpa ada tanda tanya di akhirnya.
Tujuan
Tujuan yang ingin dicapai oleh penulis, yang mana tujuan tersebut berkaitan dengan pembahasan diatasnya
7. BAB II GAMBARAN UMUM DAN POTENSI
berisi Gambaran umum dan potensi yang dimiliki oleh desa atau gapoktan atau kelompok yang berkaitan dengan proposal yang diajukan, dengan disertai data baik dalam bentuk gambar, tabel, maupun flowchat.
8. BAB III RENCANA KERJA DAN SASARAN PENCAPAIAN
berisi rencana kerja yang berkaitan dengan ajuan proposal, baik berupa diagram waktu pelaksanaan, RAB, RUA, RUK, CP/CL secara detail dan sasaran pencapiannya.
9. BAB IV PENUTUP
Biasanya berisi Simpulan dan saran-saran
10. LAMPIRAN
Lampiran-lampiran dari proposal tersebut biasanya dilampirkan diagram kegiatan, Flowchart, AD/ART, Susunan pengurus, CP/CL, Piagam Pengukuhan Kelompok, Prestasi kelompok dan lain sebagainya.

Untuk Lebih Jelasnya saya sertakan contoh-contah proposal yang bisa di download langsung
NO
FILE DOWNLOAD
DOWNLOAD
1.
Contoh Proposal Permohonan Pengembangan Usaha Melalui Mekanisasi Pertanian (Mesin Pengayak, Mesin Pril dan Motor Roda Tiga)
Download
2.
Contoh Proposal Permohonan Alat Pengolah Pupuk (APPO)
Download
3.
Contoh Proposal Kelompok Ternak Pucakmanik
4.
Contoh Proposal Permohonan Bantuan Program SIMANTRI
5.
Contoh Proposal Bansos Subak
Download
6.
Contoh Proposal Jalan Usaha Tani / Jalan Produksi
Download
7.
Contoh Proposal SPP PNPM Mandiri
Download
Semoga melalui artikel ini bisa bermanfaat demi kemajuan pertanian kita, teruslah berkarya dan semangat membara menuju petani berdasi yang cerdas....! Sukses untuk petani indonesia

Komentar

  1. SUKSMA TIANG MADE SAKING BENGKULU SANGAT TERHARU ISI DARI BLOG PUNCAK MANIK

    BalasHapus
  2. Suksma Pak Made, Salam Sejahtera Untuk Keluarga di Bengkulu, Ngiring Sareng-sareng belajar demi kebaikan kita bersama, biarkan saja sang profesor itu merasa dirinya Sudah matang, kami disini masih muda, menurut kami manusia itu ibarat buah, bagi yang merasa sudah tua akan cepat membusuk...!

    BalasHapus
  3. bermanfaat sekali bapak, share yg lbh bxak lg

    BalasHapus
  4. gmana cra download artikelnya pak, kok sya gak bisa?

    BalasHapus
  5. sukses selalu untuk bapak...
    sy banyak belajar dr artikel ini...
    tp maaf yg ini :
    Contoh Proposal Kelompok Ternak Pucakmanik
    Contoh Proposal Permohonan Bantuan Program SIMANTRI

    kok ndak bs didownlod ya pak ???

    BalasHapus
  6. Sukses Pak, Contoh proposalnya koq nggak bisa di download

    BalasHapus

  7. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus

Posting Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Alat Tradisional Pertanian

Pulau Bali, pulau kecil munggil nan unik dengan segala keindahan panorama alam nya, dengan keunikan budayanya telah berhasil memikat hati para wisatawan di dunia. Berbicara soal keindahan panaroma Alam Bali, Keunikan Budaya Bali dan Pesatnya Pariwisata Bali kita tidak bisa terlepas dari sebuah dunia yang disebut Pertanian Bali. Pertanian di bali memiliki pertalian yang erat antara Budaya, Agama, Alam Bali dan Pariwisata di Bali. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pertanian di bali adalah adalah sesuatu hal yang sangat kompleks sekali karena selalu bersentuhan dengan sektor yang lainnya, Sebagai contoh Sistem Subak yang sangat terkenal dan mendunia ini. Sistem Subak merupakan sebuah organisasi yang mengatur tata kelola sistem pengairan persawahan di bali yang menerapkan konsep "Tri Hita Karana" yakni sebuah konsep harmonisasi antara hubungan manusia dengan Tuhan, Lingkungan/alam dan manusia itu sendiri. Dalam hal ini di sektor pertanian kita akan membahas  mengenai alat

BIODYNAMIC FARMING = ORGANIK PLUS

Kemaren habis keja Keras, bangun pagi pun telat, lalu stel TV chanel NHK, Tiba-tiba Dwee...ng, dapet info pertanian BIODYNAMIC FARMING , Luar biasa...! bagi petani seperti saya yang sama sakeli belum mengenal dunia pertanian secara utuh. Paman Google Bekerja saat itu juga, dapetnya info berbahasa inggris, akalpun datang...! Twing..! Twing...! Paka bantuan Translate, walaupun belepotan tapi kanggoin aja yang penting tau sedikit-sedikit mengenai BIODYNAMIC FARMING. Tulisan ini kami kutip dari berbagai sumber, mudah-mudahan berguna bagi kita semua.   BIODYNAMIC FARMING Secara Etimologi Istilah BIODYNAMIC berasal dari 2 suku kata yakni BIO dan DYNAMIC , yang kedua suku kata tersebut diambil dari bahasa yunani. BIO atau BIOS yang Berarti Hidup dan DYNAMIC atau DINAMIS yang berarti Energi atau Kekuatan Pendorong. Jadi Biodynamic merupakan kombinasi dari praktek biologis dan dinamis.

Administrasi Kelompok Tani / Gapoktan

Bagi Kami pada awal-awal pendirian Kelompok Ternak Pucak Manik sebagai Kelompok Tani Ternak Sapi Bali , yang merupakan salah satu proyek percontohan Pemerintah Provinsi Bali dalam sistem pertanian terpadu / Sistem Pertanian Terintegrasi yang di bali lebih dikenal dengan istilah SIMANTRI yakni Sistem Management Pertanian Terintegrasi dalam rangka menuju visi bali organik, bali clean dan bali mandara, ini kami banyak di bimbing oleh seorang PPL yang sangat baik diterima dihati Anggota kelompok kami, Beliau adalah : Bapak I Made Santiyasa, SP. beliau banyak memberi arahan dan bimbingan  agar kelompok kami maju dan berkembang, untuk itu salah satunya kami harus memulai dengan tertib Administrasi dalam kelompok, tersedianya kelengkapan administrasi pembukuan yang baik.  adapun buku-buku yang mesti dilengkapi Baik buku keuangan maupun buku  non keuangan. Dengan ini kami ingin berbagi kepada para petani yang baru membentuk kelompok tani (POKTAN) maupun GAPOKTAN, beberapa contoh Admisitra