RSS : Articles / Comments


Biogas Dalam Kantung Ban Dalam Mobil

11/29/2010, Posted by Kelompok Ternak Pucak Manik, No Comment

Krisis energi yang melanda negri tercinta kita ini akhir-akhir ini mestinya kita siasati dengan berbagai cara, sebenarnya banyak cara mendapatkan energi alternatif yang ramah lingkungan, artinya tidak merusak lingkungan seperti pemakaian kayu bakar untuk bahan bakar. Dari sederet alternatif yang ada, salah satunya yang diterapkan oleh Kelompok Tani Ternak Pucak Manik yang berternak Sapi Bali sebagai proyek percontohan pertanian terpadu atau sistem pertanian terintegrasi yang mana di bali dikenal dengan istilah SIMANTRI dalam rangka mewujudkan visi bali organik, bali Clean dan Bali Mandara adalah Biogas merupakan salah satu energi alternatif terbarukan yang dapat kita jadikan sebagai bahan bakar alternatif pengganti BBM. Nah Jika anda belum mengenal biogas bisa click disini.

Kelompok Tani Ternak Pucak Manik berternak Sapi Bali sebagai proyek percontohan pertanian terpadu atau sistem pertanian terintegrasi yang mana di bali dikenal dengan istilah SIMANTRI dalam rangka mewujudkan visi bali organik, bali Clean dan Bali Mandara Dari Reaktor Biogas/digester yang ada di peternakan biasanya gas disalurkan melalui pipa PVC menuju Kompor atau Lampu Petromax atau menuju Genset Biogas, Nah bila rumah kita jauh dari peternakan kita kita pake apa nyalurinya...? beli pipa...! boleh juga, tapi jika pipa kita tiba-tiba bocor akibat kena pacul/dicangkul orang, maka gas terbuang sia-sia, kasian kan rugi dah belepotan ngisi kotoran ternak ke reaktor biogas tiba gasnya terbuang sia-sia.
Sebenarnya produsen Biogas telah menyediakan kantong biogas yang bisa isi gas dan  gas dari biogas bisa kita dibawa pulang dan kompor dirumah pun bisa dinyalakan, tanpa khawatir pipa gas kita bocor akibat kena cangkul, akan tetapi harganya ya lumayan sih...!  biasanya penjualannya include sama pompa gasnya, namun kalo kita masih bisa membuat sendiri dengan kantong dengan memodifikasi ban dalam mobil atau ban dalam truck kenapa tidak...? kalo isi dompet lagi tipis pake aja ban dalam bekas, kemudian tambal bolong-bolongnya gitu..! oke langsung aja kita praktekkan caranya :
Sediakan :
  1. Ban dalam truk/mobil baik yang baru atau bekas boleh aja
  2. Alat pembuka Klep ventilasi ban dalam
  3. Selang Kecil
  4. Keran gas
Apabila bahan-bahan tersebut telah tersedia maka tinggal kita praktekkan pembuatannya, sebagai berikut :
  1. Buka ventilasi ban dalam dengan alat pembuka ventil ban
  2. Pasang Selang kecil pada ban dalam ingat jangan sampai ada yang bocor
  3. Pasang keran gas pada ujung selang tersebut diatas
Sekarang tinggal mengisi ban dalam tadi dengan biogas, jika sudah penuh silahkan gasnya dibawa pulang dan langsung dipasang pada kompor, langsung bisa dipake untuk memasak. SELAMAT MENCOBA

No Comment

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda