RSS : Articles / Comments


Pompa Air Baru Kami Ketinggian 100 M Tanpa Over

1/22/2013, Posted by Kelompok Ternak Pucak Manik, 7Comments


Kami telah memposting artikel sebelumnya yang berjudul Sistem Pompanisasi Harapan Baru Bagi Anggota setahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 25 januari 2012, akhirnya setelah setahun pompa tersebut beroprasi kehawatiram kami terbukti diantaranya : Kerusakan pada bagian generator yang berfungsi untuk menghasilkan listrik 3 phase, dimana pada bagian tersebut mengalami penurunan kemampuan untuk menghasilkan listrik sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin, sementara pada bagian mesin diesel juga mengalami berbagai kendala dan yang menjadi kendala selama ini bagi kelompok diantaranya : Mahalnya biaya oprasional BBM (Bahan Bakar Minyak) baik premiun dan solar yang ditanggung kelompok mengingat sistem yang dibangun dalam pompanisasi tersebut adalah dengan menggunakan 2 (dua) pompa, dimana pompa pertama dengan mesin genset dengan bahan bakar premium hanya mampu mengangkat air sejauh 300 meter dengan ketinggian vertikal kurang lebih 20 meter, sementara untuk mengangkat air dari sungai menuju kelompok dengan jauh 800 meter dengan ketinggian mencapai 96 meter tentu dalam hal ini diperlukan pompa pembantu yang jauh lebih kuat, pompa ke dua ini menggunakan mesin diesel untuk menggerakkan generator 3 pahse ini lah yang kerjanya paling berat, yang paling penting dengan pengoprasian ke 2 (dua) mesin tersebut (mesin diesel dan mesin genset)  Biaya oprasional yang ditanggung oleh kelompok sangat mahal.
 

Air yang diangkat oleh kelompok akan ditampung pada sebuah cubang dengan diameter 3 meter, dan kedalaman 4 meter dengan volume macapai 50,24 meter kubik, untuk mengisi cubang/bak air tersebut dengan pompa berjenis Centrifugal yang digerakkan oleh motor listrik tersebut menghabiskan waktu 18 Jam dengan biaya oprasional BBM (Bahan Bakar Minyak) baik solar maupun premium kurang lebih mencapai Rp. 100.000,- 

Dari berbagai permasalahan tersebuat diatas yang dialami oleh kelompok, akhirnya kami berembug bersama seluruh anggota dan telah disepakati oleh anggota kelompok untuk mengganti pompa tersebut dengan pompa yang mampu mengangkat air dari sungai tanpa mesti melalui proses over dan biaya oprasional yang lebih murah dengan sember dana sepenuhnya menggunakan anggaran Kelompok Tani Ternak Pucak Manik. 


Akhirnya kami dari pengurus berusaha mencari pompa tersebut, mulai dari belajar dari petani lainnya yang  menggunakan pompa air sungai untuk memenuhi kebutuhan pertaniannya seperti petani jeruk, petani cengkeh dan kelompok tani munduk sari desa ularan serta menanyakan langsung kepada penjual pompa air. Akhirnya kami menjatuhkan pilihan pada pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump dengan merk Sanchin SCN 45.

Pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump dengan merk Sanchin SCN 45 ini dengan kemampuan 22 ~ 59 L/min, dengan tekanan maksimal mencapai 50 Kg/cm2 akhirnya kami beli dan untuk menggerakkan pompa tersebut kami menggunakan mesin diesel 4 Langkah berpendingin air dengan kemampuan 8,5 PK dengan merk Yanmar (Yanmar series TF 85 MR-di).

Bagaimana Perhitungannya....?
Dari Sisi Pompa Air
Dengan perhitungan jika pompa ini diputar dengan kecepatan rata-rata akan mampu memompa air dengan kapasitas 50 liter/menit untuk memenuhi cubang dengan kapasitas 50,24 meter kubik atau jika di conversi kedalam liter dengan volume 50.240 liter dibutuhkan waktu  selama 1004,8 menit atau 16,7 jam. 

Dari Sisi Mesin Penggerak
Jika mesin diesel Yanmar series TF 85 MR-di dengan daya Maksimal 8,5 PK(HP) dan daya kontinyu 7,5 PK(HP), dengan Keperluan Bahan Bakar 0,15 liter/HP.Jam, dengan Faktor Oprasional Daya mulai dari pemanasan 20 detik hingga pemakaian selama 1 jam sebesar 0,521 maka kebutuhan  solar sebanyak 0,586125/Jam.   jika dihidupkan selama 16 jam untuk memenuhi cubang maka akan dibutuhkan solar sejumlah 9,378 liter dengan biaya oprasional pembelian BBM Solar jika per liter solar dengan harga Rp. 4.500,-/liter akan mencapai Rp.42.201,-

Dari Sisi Efisiensi

Jika dibandingkan dengan pemakaian awal konsumsi bahan bakar pada mesin diesel dan mesin premium yang menggerakkan ke dua Pompa Centrifugal yang menghabiskan biaya oprasional BBM Rp. 100.000,- dibandingkan dengan perhitungan penggunaan 1 (satu) mesin diesel diatas dengan pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump menghabiskan biaya oprasional BBM sejumlah Rp.42.201,- akan jauh lebih irit.

Kelemahan :
Kelemahan Penggunaan pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump ini yakni pada penambahan biaya perawatan rutin setiap 300 jam yakni pembelian OLI sebayak 1,5 Liter untuk melumasi ke tiga piston pompa. 

Kesimpulan :
Penggunaan pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump ini mampu mengangkat air dari sungai menuju kelompok dengan jarak 800 meter dengan ketinggian mencapai 96 meter tanpa Over dan dengan biaya yang relatif murah.

Saran-Saran:

1. Kepada Konsultan Analisis hendaknya mempertimbangkan setiap bantuan yang diberikan kepada petani baik dari sisi efisiensi dan kwalitas, sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya dan tidak membebani di kemudian hari.
2. Kelompok Tani Ternak Pucak Manik selaku pemanfaat hendaknya memanfaatkan, menjaga dan merawat dengan baik setiap aset yang dimilikinya sehingga. 

7 Comments

Ketut Budina @ 11/05/14 01.01

sebaiknya gunakan pompa hidram yang tidak memerlukan biaya operasional

Anonim @ 26/07/14 10.13

mohon sharing_nya
saya berencana memompa air sungai ke bak penampungan di lokasi kandang ternak, namun saya masih bingung memilih jenis pompa dan mesin penggeraknya. sungai berjarak sekitar 600 s.d.700 m dari kandang ternak, dengan kondisi kemiringan 90° dari permukaan sungai sejauh ± 25m dan sisanya antara 30° s.d. 50° sampai di lokasi kandang ternak. Dengan menggunakan jenis pompa yang anda pakai (Power Sprayer/Pluger Pump merk Sanchin SCN 45) apakah bisa di aplikasikan di daerah saya? atau mungkin anda punya rekomendasi lain untuk saya?
terimakasih sebelumnya
triyono
three_mail19@yahoo.com
Prambanan, Yogyakarta

Puslitbang nak @ 07/02/15 23.12

http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/

Dionet SYSTEM @ 27/08/15 16.35

saya mau membeli pompa air dengan dana 15 jutaan,
kondisi sumber air sekitar 300-350 sampai ke bak penampungan, mohon infonya pompa diesel air apa yang pas untuk kondisi seperti ini?
dhe_5690@yahoo.co.id

John denver @ 27/01/16 06.48

@Dionet : seandainya dari sumber air msh bisa diturun kan min:5 mtr ,mungkin bisa menggunakan pompa Hidram yg tidak memerlukan listrik maupun bbm

John denver @ 27/01/16 06.50

@Dionet : seandainya dari sumber air msh bisa diturun kan min:5 mtr ,mungkin bisa menggunakan pompa Hidram yg tidak memerlukan listrik maupun bbm

Neng Sri Mayanti @ 26/02/16 00.38

pengalaman yang sangat baik untuk dibagikan. Info untuk anda mesin pom mini alat bisnis modern.

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda