Langsung ke konten utama

Pompa Air Baru Kami Ketinggian 100 M Tanpa Over


Kami telah memposting artikel sebelumnya yang berjudul Sistem Pompanisasi Harapan Baru Bagi Anggota setahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 25 januari 2012, akhirnya setelah setahun pompa tersebut beroprasi kehawatiram kami terbukti diantaranya : Kerusakan pada bagian generator yang berfungsi untuk menghasilkan listrik 3 phase, dimana pada bagian tersebut mengalami penurunan kemampuan untuk menghasilkan listrik sesuai dengan yang dibutuhkan oleh mesin, sementara pada bagian mesin diesel juga mengalami berbagai kendala dan yang menjadi kendala selama ini bagi kelompok diantaranya : Mahalnya biaya oprasional BBM (Bahan Bakar Minyak) baik premiun dan solar yang ditanggung kelompok mengingat sistem yang dibangun dalam pompanisasi tersebut adalah dengan menggunakan 2 (dua) pompa, dimana pompa pertama dengan mesin genset dengan bahan bakar premium hanya mampu mengangkat air sejauh 300 meter dengan ketinggian vertikal kurang lebih 20 meter, sementara untuk mengangkat air dari sungai menuju kelompok dengan jauh 800 meter dengan ketinggian mencapai 96 meter tentu dalam hal ini diperlukan pompa pembantu yang jauh lebih kuat, pompa ke dua ini menggunakan mesin diesel untuk menggerakkan generator 3 pahse ini lah yang kerjanya paling berat, yang paling penting dengan pengoprasian ke 2 (dua) mesin tersebut (mesin diesel dan mesin genset)  Biaya oprasional yang ditanggung oleh kelompok sangat mahal.
 

Air yang diangkat oleh kelompok akan ditampung pada sebuah cubang dengan diameter 3 meter, dan kedalaman 4 meter dengan volume macapai 50,24 meter kubik, untuk mengisi cubang/bak air tersebut dengan pompa berjenis Centrifugal yang digerakkan oleh motor listrik tersebut menghabiskan waktu 18 Jam dengan biaya oprasional BBM (Bahan Bakar Minyak) baik solar maupun premium kurang lebih mencapai Rp. 100.000,- 

Dari berbagai permasalahan tersebuat diatas yang dialami oleh kelompok, akhirnya kami berembug bersama seluruh anggota dan telah disepakati oleh anggota kelompok untuk mengganti pompa tersebut dengan pompa yang mampu mengangkat air dari sungai tanpa mesti melalui proses over dan biaya oprasional yang lebih murah dengan sember dana sepenuhnya menggunakan anggaran Kelompok Tani Ternak Pucak Manik. 


Akhirnya kami dari pengurus berusaha mencari pompa tersebut, mulai dari belajar dari petani lainnya yang  menggunakan pompa air sungai untuk memenuhi kebutuhan pertaniannya seperti petani jeruk, petani cengkeh dan kelompok tani munduk sari desa ularan serta menanyakan langsung kepada penjual pompa air. Akhirnya kami menjatuhkan pilihan pada pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump dengan merk Sanchin SCN 45.

Pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump dengan merk Sanchin SCN 45 ini dengan kemampuan 22 ~ 59 L/min, dengan tekanan maksimal mencapai 50 Kg/cm2 akhirnya kami beli dan untuk menggerakkan pompa tersebut kami menggunakan mesin diesel 4 Langkah berpendingin air dengan kemampuan 8,5 PK dengan merk Yanmar (Yanmar series TF 85 MR-di).

Bagaimana Perhitungannya....?
Dari Sisi Pompa Air
Dengan perhitungan jika pompa ini diputar dengan kecepatan rata-rata akan mampu memompa air dengan kapasitas 50 liter/menit untuk memenuhi cubang dengan kapasitas 50,24 meter kubik atau jika di conversi kedalam liter dengan volume 50.240 liter dibutuhkan waktu  selama 1004,8 menit atau 16,7 jam. 

Dari Sisi Mesin Penggerak
Jika mesin diesel Yanmar series TF 85 MR-di dengan daya Maksimal 8,5 PK(HP) dan daya kontinyu 7,5 PK(HP), dengan Keperluan Bahan Bakar 0,15 liter/HP.Jam, dengan Faktor Oprasional Daya mulai dari pemanasan 20 detik hingga pemakaian selama 1 jam sebesar 0,521 maka kebutuhan  solar sebanyak 0,586125/Jam.   jika dihidupkan selama 16 jam untuk memenuhi cubang maka akan dibutuhkan solar sejumlah 9,378 liter dengan biaya oprasional pembelian BBM Solar jika per liter solar dengan harga Rp. 4.500,-/liter akan mencapai Rp.42.201,-

Dari Sisi Efisiensi

Jika dibandingkan dengan pemakaian awal konsumsi bahan bakar pada mesin diesel dan mesin premium yang menggerakkan ke dua Pompa Centrifugal yang menghabiskan biaya oprasional BBM Rp. 100.000,- dibandingkan dengan perhitungan penggunaan 1 (satu) mesin diesel diatas dengan pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump menghabiskan biaya oprasional BBM sejumlah Rp.42.201,- akan jauh lebih irit.

Kelemahan :
Kelemahan Penggunaan pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump ini yakni pada penambahan biaya perawatan rutin setiap 300 jam yakni pembelian OLI sebayak 1,5 Liter untuk melumasi ke tiga piston pompa. 

Kesimpulan :
Penggunaan pompa air berjenis Power Sprayer/Pluger Pump ini mampu mengangkat air dari sungai menuju kelompok dengan jarak 800 meter dengan ketinggian mencapai 96 meter tanpa Over dan dengan biaya yang relatif murah.

Saran-Saran:

1. Kepada Konsultan Analisis hendaknya mempertimbangkan setiap bantuan yang diberikan kepada petani baik dari sisi efisiensi dan kwalitas, sehingga betul-betul dirasakan manfaatnya dan tidak membebani di kemudian hari.
2. Kelompok Tani Ternak Pucak Manik selaku pemanfaat hendaknya memanfaatkan, menjaga dan merawat dengan baik setiap aset yang dimilikinya sehingga. 

Komentar

  1. sebaiknya gunakan pompa hidram yang tidak memerlukan biaya operasional

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pompa hidram belinya di mna dan harganya brapa

      Hapus
  2. mohon sharing_nya
    saya berencana memompa air sungai ke bak penampungan di lokasi kandang ternak, namun saya masih bingung memilih jenis pompa dan mesin penggeraknya. sungai berjarak sekitar 600 s.d.700 m dari kandang ternak, dengan kondisi kemiringan 90° dari permukaan sungai sejauh ± 25m dan sisanya antara 30° s.d. 50° sampai di lokasi kandang ternak. Dengan menggunakan jenis pompa yang anda pakai (Power Sprayer/Pluger Pump merk Sanchin SCN 45) apakah bisa di aplikasikan di daerah saya? atau mungkin anda punya rekomendasi lain untuk saya?
    terimakasih sebelumnya
    triyono
    three_mail19@yahoo.com
    Prambanan, Yogyakarta

    BalasHapus
  3. http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sy rencana mau Kase naik air dari titik nol sampai ketinggian 200 meter itu pakai mesin pompa air apa yang paling tepat mohon masukannya??

      Hapus
  4. saya mau membeli pompa air dengan dana 15 jutaan,
    kondisi sumber air sekitar 300-350 sampai ke bak penampungan, mohon infonya pompa diesel air apa yang pas untuk kondisi seperti ini?
    dhe_5690@yahoo.co.id

    BalasHapus
  5. @Dionet : seandainya dari sumber air msh bisa diturun kan min:5 mtr ,mungkin bisa menggunakan pompa Hidram yg tidak memerlukan listrik maupun bbm

    BalasHapus
  6. @Dionet : seandainya dari sumber air msh bisa diturun kan min:5 mtr ,mungkin bisa menggunakan pompa Hidram yg tidak memerlukan listrik maupun bbm

    BalasHapus
  7. pengalaman yang sangat baik untuk dibagikan. Info untuk anda mesin pom mini alat bisnis modern.

    BalasHapus
  8. kalo boleh tahu berapa harga ke dua alat diatas, terima kasih

    BalasHapus
  9. Lokasi ini dimana... n boleh minta nomor telpnya

    BalasHapus
  10. itu posisi mesinnya ada diatas (dekat bak penampungan) atau di bawah (dekat sungai) ???

    BalasHapus
  11. Saya mau sedot air dari danau ke pesantren. Lokasi sekitar 500 meter dari pinggir danau. Ketinggian bangunan dari permukaan danau sekitar 15 meter. Pertanyaan :
    1. Apa mesin yang cocok utk ini?
    2. Bisakah mesinnya diletakkan di bangunan pesantren?
    3. Seandainya mesin diesel/bensin, bisakah dibuatkan atau adakah yg jual otomatis utk kontrol cadangan air?


    Terima kasih

    BalasHapus
  12. Untuk ketinggian lokasi sekitar 150 meter dari dasar sumber mata air,

    Adakah pompa berdaya hisap dengan jarak tersebut, dan kalau ada pompa daya hisap jenis/tipe apa yang harus di gunakan?.

    Mohon masukannya,
    Trims.

    BalasHapus
  13. Untuk ketinggian lokasi sekitar 150 meter dari dasar sumber mata air,

    Adakah pompa berdaya hisap dengan jarak tersebut, dan kalau ada pompa daya hisap jenis/tipe apa yang harus di gunakan?.

    Mohon masukannya,
    Trims.

    BalasHapus
  14. Berikut manfaat sekali infonya d mana kita dapatkan pompa jenis ini

    BalasHapus
  15. haii selamat pagi, E D E N POKER bagi bonus nihhh
    sebesar 10Ribu lho dan juga kami berikan lagi bonus next depo 5% LHOO setiap melakukan deposit
    ayukk buruan jangan sampai ketinggalan..........

    BalasHapus
  16. Saya ingin membeli pompa air, yg bisa menggerak kan air dengan daya hisap dari jarak 300meter. Kalo ada tolong info nya sekalian harga nya brp.
    Terima kasih

    BalasHapus
  17. Mohon sharing

    Diesel jenis apa yg terbaik utk memompa air ketinggian 30 derjat, jarak 300 m. Pompa 6 inch. Suwun...

    BalasHapus
  18. Saya mau tanya mesin apa yang cocok untuk jarak sumber air ke bak penampungan jaraknya 1400mtr.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau sumber airnya mengalir pakek pompa hidram tanpa listrik tanpa desel silahkan cari info di gogle mengenai pompa hidrrum

      Hapus

Posting Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Alat Tradisional Pertanian

Pulau Bali, pulau kecil munggil nan unik dengan segala keindahan panorama alam nya, dengan keunikan budayanya telah berhasil memikat hati para wisatawan di dunia. Berbicara soal keindahan panaroma Alam Bali, Keunikan Budaya Bali dan Pesatnya Pariwisata Bali kita tidak bisa terlepas dari sebuah dunia yang disebut Pertanian Bali. Pertanian di bali memiliki pertalian yang erat antara Budaya, Agama, Alam Bali dan Pariwisata di Bali. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pertanian di bali adalah adalah sesuatu hal yang sangat kompleks sekali karena selalu bersentuhan dengan sektor yang lainnya, Sebagai contoh Sistem Subak yang sangat terkenal dan mendunia ini. Sistem Subak merupakan sebuah organisasi yang mengatur tata kelola sistem pengairan persawahan di bali yang menerapkan konsep "Tri Hita Karana" yakni sebuah konsep harmonisasi antara hubungan manusia dengan Tuhan, Lingkungan/alam dan manusia itu sendiri. Dalam hal ini di sektor pertanian kita akan membahas  mengenai alat

BIODYNAMIC FARMING = ORGANIK PLUS

Kemaren habis keja Keras, bangun pagi pun telat, lalu stel TV chanel NHK, Tiba-tiba Dwee...ng, dapet info pertanian BIODYNAMIC FARMING , Luar biasa...! bagi petani seperti saya yang sama sakeli belum mengenal dunia pertanian secara utuh. Paman Google Bekerja saat itu juga, dapetnya info berbahasa inggris, akalpun datang...! Twing..! Twing...! Paka bantuan Translate, walaupun belepotan tapi kanggoin aja yang penting tau sedikit-sedikit mengenai BIODYNAMIC FARMING. Tulisan ini kami kutip dari berbagai sumber, mudah-mudahan berguna bagi kita semua.   BIODYNAMIC FARMING Secara Etimologi Istilah BIODYNAMIC berasal dari 2 suku kata yakni BIO dan DYNAMIC , yang kedua suku kata tersebut diambil dari bahasa yunani. BIO atau BIOS yang Berarti Hidup dan DYNAMIC atau DINAMIS yang berarti Energi atau Kekuatan Pendorong. Jadi Biodynamic merupakan kombinasi dari praktek biologis dan dinamis.

Administrasi Kelompok Tani / Gapoktan

Bagi Kami pada awal-awal pendirian Kelompok Ternak Pucak Manik sebagai Kelompok Tani Ternak Sapi Bali , yang merupakan salah satu proyek percontohan Pemerintah Provinsi Bali dalam sistem pertanian terpadu / Sistem Pertanian Terintegrasi yang di bali lebih dikenal dengan istilah SIMANTRI yakni Sistem Management Pertanian Terintegrasi dalam rangka menuju visi bali organik, bali clean dan bali mandara, ini kami banyak di bimbing oleh seorang PPL yang sangat baik diterima dihati Anggota kelompok kami, Beliau adalah : Bapak I Made Santiyasa, SP. beliau banyak memberi arahan dan bimbingan  agar kelompok kami maju dan berkembang, untuk itu salah satunya kami harus memulai dengan tertib Administrasi dalam kelompok, tersedianya kelengkapan administrasi pembukuan yang baik.  adapun buku-buku yang mesti dilengkapi Baik buku keuangan maupun buku  non keuangan. Dengan ini kami ingin berbagi kepada para petani yang baru membentuk kelompok tani (POKTAN) maupun GAPOKTAN, beberapa contoh Admisitra