RSS : Articles / Comments


MOBNAS Matic Karya Petani

10/28/2012, Posted by Kelompok Ternak Pucak Manik, No Comment

Berbicara SDM indonesia saya tidak pernah meragukan, dibanding dengan negara lain orang-orang indonesia adalah orang-orang yang cerdas, namun entah mengapa akhir-akhir ini selalu di hiasi dengan pemberitaan KORUP yang hampir di semua lini. Jujur kami jenuh melihat pemberitaan tentang Korupsi dan silat lidah mulut politisi.

Kami ingin sekali melihat indonesiaku mengukir prestasi seperti proyek N250 Gatotkoco, atau Prestasi MOBNAS atau Mobil Nasional yang merupakan mobil karya anak bangsa yang akhir-akhir ini kembali ramai dibicarakan setelah dulu pernah redup pasca hantaman krisis yang menimpa indonesia dan pasca mobil timor hilang kejayaannya, kini hadir kembali sebuah mobil nasional yang bernama ESEMKA. Sebelum Mobil ESEMKA ini lahir, indonesia telah berharisil membuat Mobnas, ada sederet nama diantaranya : Mobnas Maleo yang merupakan karya IPTN, Mobnas Timor milik Tomy soeharto dengan menggandeng KIA, Mobnas Bimantara milik Bambang Trihatmojo bersama Hyundai, Mobnas Gang car, Mobnas Marlip, Mobnas Kancil, Mobnas GEA, Mobnas Tawon, Mobnas Komodo, Mobnas Arina dllnya


Mobnas-mobnas tersebut lama-lama meredup dan yang kini Mobnas ESEMKA Terlepas dari segala kontroversi yang ada,  namun mobil ESEMKA ini membuat saya kagum dengan prestasi para siswa SMK yang telah berhasil merakit mobil SMK ini. Ini sebagai bukti bahwa kami kaum petani indonesia memimpikan sebuah mobil nasional yang tepat, efektif, efisien dan terjangkau oleh kantong para petaninya. heemm nampaknya sulit...!

Dibalik kekaguman saya tersebut ada sebuah kekaguman saya yang sangat luar biasa lagi kepada Petani yang berhasil merakit sebuah mobil matic dari bahan bekas, atau boleh dibilang hampir 90% konten asli barang bekas/rongsokan. Mobnas ini sama sekali belum terendus oleh promosi media masa, namun keberadaannya sudah eksis sejak lama sekali dan bahkan menjadi kendaraan multi fungsi bagi para petani. Penasaran...? Mau Tau...?
Ini dia Mobil nasional kita yang paling eksis sepanjang jaman bahkan tak pernah redup selayaknya mobnas lainnya.

Adalah Gerandong atau banyak menyebutnya dengan Ledhok yang merupakan mobnas Matic karya anak bangsa kususnya para petani indonesia.
Kendaraan ini multi fungsi disamping sebagai kendaraan angkut, juga sering digunakan sebagai kendaraan yang di tempeli Seleep padi.
 
Perakitan mobil ini menggunakan chasis mobil bekas kemudian dipasangi mesin Diesel mulai dari 8,5 PK hingga 26 PK, yang dipasang secara melintang, kemudian pada bagian gearbok dan mesin dipasangi karet Vbelt yang menggerakkan gearbok dan kemudian gardan untuk memutar roda belakang.
 
Untuk Varian Termurah adalah dengan menggunakan Gearbok yang Matic...! hanya memiliki 2 percepatan yakni S dan R (Speed and Revese). Wawww Luar biasa sekali, karena keadaan akhirnya hanya mampu meperbaiki gearbok menjadi 2 percepatan.

Semoga pemerintah peduli dengan keberadaan Gerandong-gerandong ini, terutama mengenai standarisai keselamatan bagi awak para gerandong ini, dan berharap kedepan pemerintah menyediakan mobil murah yang mampu diangkau para petani, multi fungsi, tepat guna, dan jangan selalu terlambat mengambil keputusan bila tidak ingin gerandong-gerandong ini terus tumbuh dijalanan.
Logika Kami sederhana Buat Pesawat saja indonesia bisa..! masak buat mobil murah indonesia gak bisa..? 
Sekarang tergantung niat baik pemerintah dan seluruh jajaranya, apakah kita mau dijajah produk luar negeri, atau kita mandiri dengan segala kekurangan yang ada sambil mempersiapkan penyempurnaan-penyempurnaan yang ada.

No Comment

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda