RSS : Articles / Comments


Analisis Design Sistem Info LKM-A PUAP

10/30/2012, Posted by Gung Raka Purnawan, 5Comments

Pemerintah Melalui Kementrian Pertanian beserta jajaran telah merealisasiakan bantuan sosial berupa PUAP (Pengembangan Usaha Agribisnis Perdesaan) dalam rangka membangun Ekonomi Produktif Pedesaan melalui peningkatan kinerja ekonomi petani di perdesaan. Melalui program PUAP dapat mempercepat upaya mengentaskan masyarakat perdesaan khususnya petani dari kemiskinan dan pengangguran sesuai dengan tujuan pembangunan pertanian. 

PUAP yang telah di dilaksanakan oleh pengurus GAPOKTAN (Gabungan Kelompok Tani) yang selanjutnya diharapkan mampu mengembangkan bantuan yang telah diberikan, kemudian diharapkan dapat melalui beberapa fase perkembangan gapoktan setiap tahunnya diantaranya :
1. Pada Tahun I : Fase Usaha Pertanian
2. Pada Tahun II : Fase Usaha Simpan Pinjam
3. Pada Tahun III : Fase Usaha LKM-A (Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis)
Nah dari ke 3 fase tersebut diatas, bagi para pengurus gapoktan yang sebagian besar adalah para petani tentu akan banyak mengalami sebuah kendala terutama yang menyangkut pengolahan data keanggotaan, data keuangan, pelaporan kegiatan kepada pihak terkait baik itu pemerintah maupun anggota itu sendiri disamping kendala eksternal lainnya.

Melalui kesempatan ini saya akan mencoba membaut sebuah analisis dan design system informasi LKM-A PUAP dengan harapan kedepan dari Analisis dan Design Program ini akan bisa dikembangkan menjadi sebuah program berbasis komputerisasi yang nantinya dapat mempermudah pekerjaan, pengambilan keputusan bagi para pengurus gapoktan pelaksana program LKM-A PUAP.
Baik kita mulai pada inti pembahasan Proposal "Analisis Design Sistem Info LKM-A PUAP"


BAB I 
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang
Dewasa ini dalam segala bidang pekerjaan kususnya pekerjaan yang menyangkut pelayanan kepada public kita dituntut bekerja secara cepat, cermat, tepat dan akurat serta sudah tentu efektif dan efisisen terhadap ruang dan waktu, hal ini merupakan suatu tangtangan yang sangat berat bagi kita untuk memenuhi tuntutan tersebut. Salah satu bidang pekerjaan yang menjadi pelayanan kepada public yang menuntut kecepatan, kecermatan, ketepatan, keakuratan serta efektif dan efisien adalah bidang pelayanan public yang menyangkut pengelolaan keuangan kepada public, baik dilihat dari scala keungan yang besar sampai dengan yang kecil, seperti : LPD, Koperasi maupun pengelolaan keuangan masyarakat seperti program dana bergulir PUAP yang di kelola oleh Gapoktan. 

Dalam pengeloaan keuangan kita benar-benar dituntut mampu memberikan pelayanan yang memuaskan kepada public sehingga tercapai tujuan dari Organisasi GAPOKTAN yang bergerak dalam bidang pengelolaan keuangan PUAP. Disamping tuntutan itu juga kita harus mampu memberikan suatu transparansi kerja kepada semua pihak sehingga secara tidak langsung kita mendapatkan suatu kepercayaan dari masyarakat.


Didalam pengelolaan keuangan kita sering kali menemukan suatu masalah dalam mengelola suatau data keuangan yang begitu besar sehingga kita tidak mampu memenuhi tuntutan masyarakat secara cepat dan tepat / Real Time apabila kita masih menggunakan sistem pengelelolaan secara konvensional.


Seiring dengan Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang sangatlah pesat, maka didalam memenuhi tuntutan public tersebut salah satu jalan yang dapat kita tempuh adalah dengan peng implementasian  suatu program pengelolaan keuangan kedalan sistem komputerisasi sehingga data yang kita peroleh dapat memenuhi tuntutan public.
 
1.2 Maksud dan Tujuan 
Adapun Maksud dan tujuan Pengembangan Sistem Informasi LKM-A PUAP ini adalah :
1.  Mengetahui sistem akuntansi dalam pengelolaan keuangan dana bergulir PUAP.
2.  Dapat mendesain, merancang sistem akuntansi program keuangan dana bergulir PUAP.
3.  Dengan Sistem yang telah terbentuk dapat meningkatkan effisiensi dan effektifitas kerja dalam memenuhu tuntutan public.
4.  Dengan Sistem yang telah terbentuk dapat memberikan per-tanggung jawaban keuangan yang transparan kepaada pihak yang memerlukannya.


1.3 Batasan Masalah
Mengingat sangat luasnya ruang lingkup pembahasan maka dengan ini ruang lingkup pembahasan kami batasi pada :
1. Sistem Informasi LKM-A PUAP yang menyangkut pengelolaan keuangan berdasarkan manual progran PUAP yang diterapkan secara konvensiaonal dilapangan oleh tim pengelola keuangan PUAP atau Pengurus Gapoktan seperti : Daftar Pemohon Melalui RUA dan RUB, prosess realisasi dana bergulir, rekapitulasi piutang dana bergulir, prosess pengeluaran kas, prosess penerimaan kas dan proses Reportisassi seperti : Jurnal Umum, Buku Besar, Neraca dan Laba Rugi.
2. Dalam prosess reportisassi keuangan yang digunakan berdasarkan model pada manual program yang telah ditetapkan dilapangan.
3. Sistem desain program menggunakan bahasa Pemrograman VB.60 atau VB.Net atau mungkin bisa dikembangkan pada pemrograman berbasis WEB dengan PHP dimana database yang digunakan bisa berupa Microsoft Access, MySQL atau SQL Server sesuai dengan Kemampuan Programer.
4. Sebagai bahan Pengembangan tahap awal maka  saya akan mengembangkan program ini dengan VB.60 dengan Database Microsoft Access.

BAB II
GAMBARAN UMUM SYSTEM
Sistem database yang akan dibuat dalam desaian sistem ini adalah Sistem Informasi LKM-A PUAP, yang akan mendukung proses transaksi keuangan dan sistem akuntansi keuangan GAPOKTAN. 

2.1 Statement Of Purpose
Tujuan dari pembuatan Sistem Informasi
LKM-A PUAP ini untuk membantu keefisienan kerja bagi tim pengelolaan keuangan/Pengurus GAPOKTAN bantuan dana bergulir PUAP serta memudahkan dalam memenuhi tuntutan public

2.2 Daftar Kejadian / Event List (EL)
Daftar Kejadian pada
Sistem Informasi LKM-A PUAP ini adalah sebagai berikut :
Tahap 1
1. Registrasi Keanggotaan Gapoktan masing-masing individual berdasarkan kelompok POKTAN yang di ikutinya 
2. Anggota disimpan kedalam tabel Anggota

Tahap 2
1. Registrasi pemohon dana bergulir PUAP melalui RUA dan RUK
2. pemohon disimpan kedalam tabel pemohon
Tahap 3
1. Berdasarkan kebijakan manajemen pengelola keuangan dana bergulir PUAP dari daftar pemohon yang telah memenuhi ssyarat akan direalisasikan permohonannya dan menjadi penerima/debitur dana bergulir
PUAP GAPOKTAN.
2. Debitur  menerima dokumen surat perjanjian, daftar angsuran, bukti penerimaan uang dan uang tunai berupa dana bergulir sesuai permohonan dan perjanjian
Tahap 4
1. Dalam waktu sebulan massa pinjaman maka debitur melakukan kwajibannya dengan menyetor dana berupa Pokok dan bunga pinjaman
2. Cetak kartu angsuran dan debitur menerima bukti pembayaran.
Tahap 5
1. Dalam waktu sebulan tim pengelola menerima ongkos kerja yang diproses kedalam aplikasi program pengeluaran kas
2. semua proses yang menyebabkan kas berkurang akan di proses kedalam aplikasi program pengeluaran kas
Tahap 6

Prosess reportisasi dilakukan untuk jurnal umum, buku besar, neraca, laba rugi setiap bulannya dalam posting bulanan
Tahap 7
Dalam setahun dilakukan rekapitulasi data tahunan dan posting data secara menyeluruh.


Adapun  gambaran umum dari
Sistem Informasi LKM-A PUAP Adalah seperti gambar dibawah ini :
2.3 Diagram Context
Untuk lebih jelas mengenai gambaran umum
Sistem Informasi LKM-A PUAP ini maka dapat dilihat dalam dan Diagram Context dibawah ini :

2.4 DFD (Data Flow Diagram )
Untuk lebih jelas mengenai gambaran umum Sistem Informasi LKM-A PUAP ini maka dapat dilihat dalam Data Flow Diagram dibawah ini :

2.5 Entity Relationship Diagram ( ERD )
Untuk lebih jelas mengenai gambaran umum Sistem Informasi LKM-A PUAP ini maka dapat dilihat dalam Entity Relationship Diagram ( ERD ) dibawah ini : 

2.6 Struktur Data
Untuk lebih jelas mengenai Struktur Data Sistem Informasi LKM-A PUAP ini disesuaikan dengan database yang akan di kembangkan, sebab database sistem memiliki type data yang berbeda. Dalam hal ini saya belum sampai membuat database yang nantinya di pakai.


BAB III 
PENUTUP
Sistem Informasi LKM-A PUAP ini masih merupakan Sebuah konsep Sistem Informasi, yang selanjutnya bisa dikembangkan lebih jauh dan melalui gambaran design program ini saya berharap kedepan bisa terwujud sebuah program komputerisasi Sistem Informasi LKM-A PUAP yang nantinya mampu mempermunah kinerja para pengurus GAPOKTAN pelaksana PUAP di seluruh indonesia

Secara pribadi saya mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun dari semua pihak dalam rangka penyempurnaan design Sistem Informasi LKM-A PUAP ini, tentu masih banyak kekurangan dari design yang saya buat ini dan saat ini saya sedang merancang programnya dengan VB.60 dan database Microsoft Access, harapan saya semoga tidak ada hambatan dan jika telah selesai maka saya akan Share kepada semua pihak untk bisa mencoba aplikasi yang saya buat nantinya.
Akhir kata Mohon Doa semoga kita semua dalam Keadaan Sehat Walafiat dan Sukses untuk Petani Indonesia.

5 Comments

ahmad khoir @ 25/01/13 20.43

ijin copas buat di sebarluaskan pak...

Gobinko @ 01/02/13 08.47

Silahkan di COPAS, dan mohon masukannya..!

maz duikin @ 15/07/14 18.35

sebenarnya ngak berbeda jauh dengan bmt , kjks ,ksp , cuma untuk lkm-a anggotanya kelompok tani dan syukur karena para gapoktan ini bisa mendapat bantuan 100 juta dari pemerintah. Memang pembukuan dengan komputer penting untuk gapoktan, kalau ada dana segar lagi bisa lebih mudah cairnya .salut buat desain sistemnya , sederhana tapi mengenai sasaran.

mamat mulyadi @ 14/08/14 12.47

terimakasih ats artikelnya

dewi kharisa @ 06/11/16 11.26

maaf pak, mau tanya. bagaimana cara mengelola dana bantuan dari PUAP tersebut?
adakah bunga dalam peminjamannya? jika ada berapa persen bunga tersebut?
terimakasih

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda