RSS : Articles / Comments


Kunjungan Gubernur Bali Ke SIMANTRI Lokapaksa

8/22/2012, Posted by Kelompok Ternak Pucak Manik, No Comment

Kelompok Tani Ternak Pucak Manik merupakan salah satu kelompok inti sektor peternakan dalam program SIMANTRI Tahun 2010 Gapoktan Tri Loka Amertha desa Lokapaksa. Kelompok ini telah menjalankan program SIMANTRI dari tahun 2010 dan hingga kini telah berhasil menjalankan program ini mulai dari pemanfaatan limbah pertanian untuk pakan ternak, memproduksi pupuk organik baik pupuk organik kompos maupun pupuk organik cair dari urine sapi yang disebut dengan Bio urine, pupuk organik ini dengan bahan dasar dari limbah perternakan yang kemudian di olah melalui proses fermentasi mikroba. Hasil produksi pupuk organik tersebuat telah berhasil diserap oleh para petani untuk di aplikasikan pada lahan pertanian mereka. 

Pengelolaan di sektor peternakan, anggota kelompok ini sampai saat ini memelihara sapi di kandang koloni milik kelompok sebanyak 24 ekor sapi bibit betina dan kini sudah rata-rata beranak dan bunting yang kedua kalinya dan 10 ekor sapi jantan penggemukan, sedangkan populasi pada masing-masing anggota rata-rata telah memelihara 5 ekor sapi baik di kandang koloni milik kelompok maupun di masing-masing rumah anggota kelompok. 
Kegiatan kelompok ini berjalan dengan baik mulai dari hulu hingga hilir dan kini kelompok ini telah berhasil mengembangkan sebuah lembaga keuangan KOPERASI TANI yang di beri nama KOPTAN Werdhi Sadhana. Keanggotaan koperasi ini sudah berkembang sangat pesat dan kini mampu mewadahi beberapa Kelompok Tani baik yang ada di lingkungan desa maupun sampai keluar Desa Lokapaksa. 

Kunjungan Gubernur Bali ke lokasi Simantri 022 Desa Lokapaksa ini disambut hangat oleh pengurus dan anggota kelompok, kunjungan ini mamberikan sebuah spirit moril dalam membangun kebersamaan, membangun keutuhan dan membangun perekonomian dalam kegiatan usaha berkelompok di kelompok kami. 

Keberadaan kami tidak ada apa-apanya jika tidak di dorong oleh semua pemangku kebijakan/pemerintah, untuk itu kami Kelompok Tani Ternak Pucak Manik menghaturkan Terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Gubernur Bali, Dinas Pertanian Propinsi bali, Dinas Peternakan Propinsi Bali, Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng, dan semua pihak yang telah membantu kami hingga kami menjadi seperti sekarang ini. Besar harapan kami kedepan untuk lebih diperhatikan keberadaan kami melalui kebijakan-kebijakan yang berpihak kepada kami dengan melihat kondisi kami yang masih membutuhkan perhatian atas kekurangan yang ada pada kami.

No Comment

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda