RSS : Articles / Comments


Kendaraan Angkut Bagi Petani

2/14/2012, Posted by Gung Raka Purnawan, No Comment

Adalah sebuah impian bagi petani kecil untuk memiliki sebuah mobil sebagai kendaraan angkut hasil panen para petani, namun apa daya...! Tangan tak sampai, harga mobil jauh melambung, sedangkan harga produk petani kita tak menentu, terkadang jauh terkubur selayaknya nasib mereka yang harus mengubur jauh-jauh harapan untuk punya mobil.
Bagi para petani yang kreatif mereka tidak mesti mengubur dalam-dalam impian mereka membeli mobil dan kendaraan angkut hasil pertanian mereka, mereka memanfaatkan segala peluang yang ada, mulai dari alat transportasi tradisional yang tidak menggunakan tenaga mesin misalnya dengan menggunakan gerobak sapi, gerobak atau cikar dari kerbau, hingga dengan bantuan tenaga mesin hasil modifikasi para petani.

I. Alat Transportasi Angkutan Tradisional Petani
Berikut Angkutan Tradisional yang masih digunakan oleh para petani di Indonesia.

Penggunaan hewan sebagai sarana angkutan para petani seperti kuda, Sapi dan bahkan Kerbau hingga kini masih dipergunakan oleh para petani kita dalam mengangkut hasil panen mereka, biasanya mereka menggandengkan dengan gerobak untuk ditarik oleh hewan-hewan ternak tersebut.

Penggunaan alat transportasi tradisonal yang menggunakan tenaga mekanik tanpa mesin yang semi moderen juga masih sering kita jumpai dipergunakan oleh para petani kita seperti penggunaan pedati, becak, sepeda gayung hingga becak lawu yang mirip mobil seperti gambar diatas.  

II. Alat Transportasi Angkutan Modern Petani
Berikut Angkutan Tradisional yang masih digunakan oleh para petani :
1. Hand Traktor Sebagai Alat Angkut Hasil Pertanian

Penggunaan hand traktor sebagai kendaraan angkut oleh para petani sudah sering sekali kita lihat, hal ini mulai terjadi disaat-saat mesuknya mekanisasi dalam dunia pertanian dengan menggunakan mesin-mesin pertanian. Hal ini merupakan sebuah kreatifitas yang dimiliki oleh para petani ditengah keterbatasan ekonomi mereka, Traktor yang pada umumnya digunakan untuk membajak sawah kini dengan sedikit lebih kreatif para petani tinggal menggantikan roda traktor mereka dan menggandengkannya dengan gerobak, maka taraaaa...! jadilah sebuah alat angkut hasil pertanian bagi para petani.

2.  Ledhok/Gerandong sebagai Alat angkut hasil pertanian

Penggunaan Ledhok/Gerandong sebagai Alat angkut hasil pertanian Sering sekali kita jumpai terutama di wilayah sentra-sentra pertanian, kendaraan ini merupakan hasil kreatifitas dari para petani dan bengkel las bubut yang ada, dengan mengolah limbah bekas chasis kendaraan bermotor, kemudian mereka tempeli dengan mesin diesel mulai dari 8,5 PK hingga 26 PK sesuai dengan kebutuhan. Alat angkut ini tidak memiliki surat-surat kendaraan bermotor selayaknya mobil lainnya. Mungkin inilah salah satu "Mobnas" bagi para petani kreatif.

3. Traktor Rakitan

Penggunaan Traktor Rakitan sebagai Alat angkut hasil pertanian ini sangat mirip dengan Ledhok atau gerandong yakni sama-sama hasil rakitan dari barang-barang bekas, kemudian bisa digandengkan dengan gerobak.

4. Kendaraan Motor Roda Tiga

 Penggunaan Motor Roda Tiga Rakitan sebagai Alat angkut hasil pertanian ini juga merupakan hasil kreatifitas para petani, namun kini telah banyak beredar kandaraan roda tiga hasil pabrikan ATPM.

5. Sepeda Motor
 
Sepeda Motor ini dimuati beban yang begitu banyak dari hasil pertanian para petani


6. Mobil Pick-up

Mobil ini merupakan hasil rancangan dari putra-putri bangsa indonesia yang nantinya akan menjadi salah satu "mobnas" yang merupakan kendaraan angkut murah bagi petani indonesia, namun mobil ini hingga kini belum menampakkan diri di pasaran karena masih dalam embrio, kita tunggu saja kehadiran mobil nasional yang katanya murah ini.

No Comment

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda