RSS : Articles / Comments


Membuat Jamu Ternak

3/17/2012, Posted by Kelompok Ternak Pucak Manik, 4Comments

Perubahan Cuaca yang begitu extrime dari musim hujan ke musim kemarau sontak membuat kita kaget, ini sangat dirasakan sekali efeknya bagi warga Desa Lokapaksa, lingkungan yang awalnya sejuk, adem dan pepohonan yang rimbun tiba-tiba dalam hitungan mingguan berubah menjadi kering, panas di siang hari disertai anggin yang membawa debu mengepul dan begitu dingin seakan membekukan tulang dirasakan dimalam harinya. Perubahan cuaca ini ternyata tidak dirasakan oleh manusia saja, bahkan hewan ternak peliharaan warga lokapaksa pun merasakan efeknya, mulai dari anak-anak Ayam, anjing yang pilek dan bahkan Sapi Bali pun ikut merasakan efeknya seperti mencret serentak dalam 1 kandang bahkan hingga 1 wilayah di banjar bukit sakti, desa lokapaksa. Dari sisi perlakuan kesehatan sapi-sapi yang ada dikandang koloni dari awal sudah mendapatkan perlakuan lebih dibandingkan sapi-sapi milik warga yang tidak berkelompok, seperti : Perlakuan Vaksinasi, pemberian Multivitamin, penyemprotan kandang dengan disinfektan serta pembersihan kandang secara rutin setiap hari. Namun masih juga ada permasalahan kesehatan ternak. Sepanjang pengamatan memang diakui dari sisi daya tahan tubuh sapi dengan perlakuan khusus ini lebih tahan dibandingkan yang tidak mendapatkan perlakuan sama sekali, itu point plus pertama yakni : daya tahan tubuh.

Disaat seperti ini peternak mesti lebih kreatif dalam hal menyiasati segala permasalahan yang ada dalam upaya peningkatan daya tahan tubuh ternak sapi peliharaannya, serta langkah awal pencegahan dan penanggulangan penyakit pada ternak sapi mereka.
Dalam hal penanggulangan pertama, petani ternak sebanarnya telah berpengalaman dalam meracik loloh/jamu tradisional ternak mereka, hal ini terbukti disaat kumpul disore hari memberipakan pada sapi dikandang koloni para petani ternak sharing dan berbagi cerita menganai loloh/jamu tradisional pada ternak, misalnya resep untuk ternak sapi mencret, saya dengarkan banyak sekali resep yang petani ketahui dalam pencegahannya.
Untuk itu melalui media ini kami berbagi sebuah cerita dan pengalaman dari petaninya langsung yang telah mengaplikasikan resep-resep ini pada ternak mereka, Namun hal ini perlu pengkajian lebih lanjut oleh pihak yang berwenang guna pendekatan dari sisi ilmiah.

1. Membuat Jamu Ternak
Jamu Ternak dibuat dengan tujuan untuk menjaga kesehatan ternak sapi itu sendiri agar lebih tahan terhadap kondisi cuaca yang akhir-akhir ini extrime sekali, serta mampu memperbaiki kondisi fisiologis ternak sapi itu sendiri. nah bagaimana caranya membuat jamu ternak...?, seperti yang sering dipraktekkan oleh petani di Kelompok Tani Ternak Pucak Manik adalah sebagai berikut :


Bahan-bahan : ( diatur sesuai kebutuhan )
- Kunyit/Kunir
- Kunyit Putih
- Isen/Lengkuas/Laos
- Temu Lawak
- Cekuh/Kencur
- Bawang Putih
- Sereh
- EM4 Aktif
- Gula Bali/Gula Jawa/Gula Merah/Molase
- Air Putih bersih (bebas pestisida/racun/tidak berkaporit)

Cara Pengolahan :
Semua bahan dasar tersebut diatas ditumbuk sampai  halus, kemudian masukkan kedalam ember campur dengan air, masukkan gula merah/molase dan EM4 aktif, aduk hingga merata dan tutup campuran ramuan tersebut hingga rapat. Lakukan Fermentasi ini hingga 1 minggu, kemudian setelah 1 minggu ramuan siap diberikan kepada ternak dengan cara dituang kedalam botol dan berikan setiap pagi hari sebelum pemberian pakan.
Khasiat :
Sapi Tahan terhadap perubahan cuaca, makan kuat, sehat, dan tidak mudah sakit

2. Obat Mencret
Apabila Sapi Mencret ini biasanya disebabkan karena faktor makanan yang masih terlalu muda, atau karena bakteri karena lingkungan kandang yang tidak sehat. dapat diatasi dengan pemberian jamu diantaranya :
Bahan :
- Pucuk Daun Jambu Biji
- Kulit Kayu Santen
- Daun Waru
- Beras 1 Genggam
- Gula Merah/Molase
- Garam Secukupnya
Cara Pengolahan :
Semua bahan ditumbuk halus, Kemudian dicampur sedikit air, peras dan saring bahan tersebut, air perasan dimasukkan kedaalam botol kemudian berikan pada sapi yang mencret tersebut. Disamping pemberian jamu juga diberikan pakan kering.
Perhatian : JIKA SAKIT BERLANJUT HUBUNGI DOKTER...........!

4 Comments

mank zhou @ 20/05/12 10.14

sangat bermanfaat bagi kami

Kelompok Ternak Pucak Manik @ 11/06/12 23.20

Terimakasih Atas Kunjungannya...!

Cara Hidup Sehat @ 23/11/13 12.08

terimakasih atas artikelnya, artikelnya bagus dan sangat bermanfaat.

Penginapan Dekat Bandara Syamsudin Noor @ 23/11/13 12.11

wow,, mantap bener artikelnya gan. thanks ya.. sangat bermanfaat..

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda