Langsung ke konten utama

Bangga Sebagai Bagian SIMANTRI

Sistem Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) yang telah diluncurkan Pemerintah Propinsi Bali Sejak Tahun 2009 bagi kami Kelompok Tani Ternak Pucak Manik, Melalui Lembaga GAPOKTAN Tri Loka Amertha (SIMANTRI 022) Desa Lokapaksa memberikan Apresiasi Positif atas kebijakan pembangunan di sektor pertanian dalam arti luas kepada petani dan peternak, serta masyarakat bali pada umumnya.
Sebagai Wujud Terimakasih kami atas kepercayaan yang diberikan kepada kami anggota Kelompok Ternak Pucak Manik serta anggota Gapoktan Tri Loka Amertha Desa Lokapaksa.  Kami ucapkan terimakasih kepada :
1. Bapak Gubernur Daerah Propinsi Bali, bapak I Made Mangku Pastika
2. Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Propinsi Bali
3. Dinas Peternakan Propinsi Bali 
4. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng
5. POKJA SEKRETARIAT SIMANTRI
6. Bapak I NYOMAN ARSA, Selaku Pendamping
7. Bapak I MADE SANTYASA, SP. Selaku PPL WILBIN Desa Lokapaksa
8. Semua Pihak yang telah membantu suksesnya SIMANTRI-022 Desa Lokapasa yang tidak bisa kami Sebutkan Satu persatu.

Kami Atas nama Kelompok Ternak Pucak Manik dan Anggota Gapoktan Tri Loka Amertha Desa Lokapaksa dengan Segenap Kekurangan dan kelebihan, kami Merasa Bangga menjadi bagian dari program SIMANTRI, banyak hal positif yang menjadi kebanggan bagi kami selaku pelaksana program SIMANTRI 022 ini, Walau kami bukan sebagai jawara. Melalui media blogg ini kami akan uraikan kebanggan-kebanggan kami.
Sebelum artikel ini kami muat, diawal kami telah membuat bebrapa artikel yang menyangkut kebanggan kami diantaranya : 1. Keuntungan Dalam Membangun Usaha Berkelompok
Dengan berpijak dari semangat VISI & MISI Serta TUJUAN dari Kelompok Tani Ternak Pucak Manik, kami akan tetap bertahan dan terus mengembangkan diri walau rintangan menghadang kami akan tetap melangkah berbuat yang lebih baik untuk kepantingan orang banyak. di lain sisi teman-teman kami ada yang begitu cepat melasat akhirnya berhenti, namun kami berjalan selangkah demi selangkah menyonsong hari-hari kami kedepan yang sudah sedikit jelas tergambar kesejahteraan anggota kami 2-3-4-5 tahun kedepan hingga seterusnya, dengan didorong semangat kebijaan-kebijakan pemerintah yang lebih memihak kapada kami di desa.

Dari sisi infrastruktur pambangunan dikelompok, tahun ini semakin dilengkapi dengan adanya bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Buleleng berupa sarana air bersih dengan sistem pompanisasi, yang mana sumber mata airnya bersumber dari sumber resapan air sungai sabha dengan jarak kurang lebih 1,5 Km dari kandang koloni. Kedepan kami tidak akan lagi mengalami kesulitan akan air bersih untuk aktifitas di kelompok kami. Dengan adanya air bersih ini kami akan pergunakan untuk Minum dan mandikan Sapi, Menyiram tanaman HMT di lahan yang telah kami persiapkan, mengembangkan usaha kolam ikan air tawar dan lain sebagainya.

Dari sisi pengembangan usaha, kami telah meningkatkan produksi pupuk organik/kompos maupun pupuk organik cair (Bio urine) dengan kapasitas produksi kami rata-rata mencapai 10 ton perbulan pupuk kompos, dan 800 liter bio urine perbulan. Untuk mendapatkan bahan baku ini tentu kami tidak mungkin bisa denan hanya menghandalkan produksi dari kandang SIMANTRI saja, namun kami mengambil dari lingkungan sekitar kandang koloni, dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagi pekerja. Sebagai hasil kerja keras kami bersama kami sisihkan untuk anggota kami untuk dibelikan baju seragam, kelengkapan keselamatan kerja bagi anggota berupa Sepatu Boot, sarung tangan, masker dan kotak obat PPPK. di sektor ini dalam rangka memperkenalkan produk kami, kami telah mengikutsertakan produk kami dalam pameran pembangunan di buleleng beberapa waktu yang lalu. Untuk meningkatkan nilai jual produk kami, kami akan meningkatkan kwalitas kemasan produk kami yang akan kami launching di awal tahun 2012 nanti dengan kemasan yang lebih kompetitif.

Di akhir tahun ini sejalan dengan difungsikannya bantuan air bersih ini, kami di awal akan membangun 3 unit kolam permanent untuk usaha ikan air tawar dengan sumber dana SWADAYA, mengingat kami tidak memperoleh Paket bantuan kolam air tawar sebagaimana layaknya SIMANTRI yang lainnya. Sebagai rasa jengah kami, jika mereka yang hanya mengandalkan bantuan saja untuk membangun kolam terpal, tapi kami akan membangun KOLAM PERMANET secara SWADAYA. pembangunan ini kami awali di bulan desember 2011 ini dan selesai di bulan Maret 2012 nanti. 
Tidak hanya kolam permanent saja usaha kami akan kami kembangkan dengan budidaya ayam buras disamping kolam tersebut, dengan dana SAWDAYA akan kami bangun di awal bulan April 2012 nanti.
mengingat begitu banyaknya program SWADAYA, sumber dananya kami peroleh dari penjualan Pupuk Organik ditambah dari dana kerjasama dengan KOPERASI milik kami, yaitu KOPERASI TANI WERDHI SADHANA.

Melalui media ini  Kami sampaikan bahwa Kami atas nama seluruh anggota Kelompok Tani Ternak Pucak Manik merasa Bangga Sebagai Bagian dari SIMANTRI.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Alat Tradisional Pertanian

Pulau Bali, pulau kecil munggil nan unik dengan segala keindahan panorama alam nya, dengan keunikan budayanya telah berhasil memikat hati para wisatawan di dunia. Berbicara soal keindahan panaroma Alam Bali, Keunikan Budaya Bali dan Pesatnya Pariwisata Bali kita tidak bisa terlepas dari sebuah dunia yang disebut Pertanian Bali. Pertanian di bali memiliki pertalian yang erat antara Budaya, Agama, Alam Bali dan Pariwisata di Bali. Secara umum dapat disimpulkan bahwa pertanian di bali adalah adalah sesuatu hal yang sangat kompleks sekali karena selalu bersentuhan dengan sektor yang lainnya, Sebagai contoh Sistem Subak yang sangat terkenal dan mendunia ini. Sistem Subak merupakan sebuah organisasi yang mengatur tata kelola sistem pengairan persawahan di bali yang menerapkan konsep "Tri Hita Karana" yakni sebuah konsep harmonisasi antara hubungan manusia dengan Tuhan, Lingkungan/alam dan manusia itu sendiri. Dalam hal ini di sektor pertanian kita akan membahas  mengenai alat

BIODYNAMIC FARMING = ORGANIK PLUS

Kemaren habis keja Keras, bangun pagi pun telat, lalu stel TV chanel NHK, Tiba-tiba Dwee...ng, dapet info pertanian BIODYNAMIC FARMING , Luar biasa...! bagi petani seperti saya yang sama sakeli belum mengenal dunia pertanian secara utuh. Paman Google Bekerja saat itu juga, dapetnya info berbahasa inggris, akalpun datang...! Twing..! Twing...! Paka bantuan Translate, walaupun belepotan tapi kanggoin aja yang penting tau sedikit-sedikit mengenai BIODYNAMIC FARMING. Tulisan ini kami kutip dari berbagai sumber, mudah-mudahan berguna bagi kita semua.   BIODYNAMIC FARMING Secara Etimologi Istilah BIODYNAMIC berasal dari 2 suku kata yakni BIO dan DYNAMIC , yang kedua suku kata tersebut diambil dari bahasa yunani. BIO atau BIOS yang Berarti Hidup dan DYNAMIC atau DINAMIS yang berarti Energi atau Kekuatan Pendorong. Jadi Biodynamic merupakan kombinasi dari praktek biologis dan dinamis.

Administrasi Kelompok Tani / Gapoktan

Bagi Kami pada awal-awal pendirian Kelompok Ternak Pucak Manik sebagai Kelompok Tani Ternak Sapi Bali , yang merupakan salah satu proyek percontohan Pemerintah Provinsi Bali dalam sistem pertanian terpadu / Sistem Pertanian Terintegrasi yang di bali lebih dikenal dengan istilah SIMANTRI yakni Sistem Management Pertanian Terintegrasi dalam rangka menuju visi bali organik, bali clean dan bali mandara, ini kami banyak di bimbing oleh seorang PPL yang sangat baik diterima dihati Anggota kelompok kami, Beliau adalah : Bapak I Made Santiyasa, SP. beliau banyak memberi arahan dan bimbingan  agar kelompok kami maju dan berkembang, untuk itu salah satunya kami harus memulai dengan tertib Administrasi dalam kelompok, tersedianya kelengkapan administrasi pembukuan yang baik.  adapun buku-buku yang mesti dilengkapi Baik buku keuangan maupun buku  non keuangan. Dengan ini kami ingin berbagi kepada para petani yang baru membentuk kelompok tani (POKTAN) maupun GAPOKTAN, beberapa contoh Admisitra