RSS : Articles / Comments


Bangga Sebagai Bagian SIMANTRI

7/29/2011, Posted by Kelompok Ternak Pucak Manik, No Comment

Sistem Pertanian Terintegrasi (SIMANTRI) yang telah diluncurkan Pemerintah Propinsi Bali Sejak Tahun 2009 bagi kami Kelompok Tani Ternak Pucak Manik, Melalui Lembaga GAPOKTAN Tri Loka Amertha (SIMANTRI 022) Desa Lokapaksa memberikan Apresiasi Positif atas kebijakan pembangunan di sektor pertanian dalam arti luas kepada petani dan peternak, serta masyarakat bali pada umumnya.
Sebagai Wujud Terimakasih kami atas kepercayaan yang diberikan kepada kami anggota Kelompok Ternak Pucak Manik serta anggota Gapoktan Tri Loka Amertha Desa Lokapaksa.  Kami ucapkan terimakasih kepada :
1. Bapak Gubernur Daerah Propinsi Bali, bapak I Made Mangku Pastika
2. Dinas Pertanian dan Tanaman Pangan Propinsi Bali
3. Dinas Peternakan Propinsi Bali 
4. Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Buleleng
5. POKJA SEKRETARIAT SIMANTRI
6. Bapak I NYOMAN ARSA, Selaku Pendamping
7. Bapak I MADE SANTYASA, SP. Selaku PPL WILBIN Desa Lokapaksa
8. Semua Pihak yang telah membantu suksesnya SIMANTRI-022 Desa Lokapasa yang tidak bisa kami Sebutkan Satu persatu.

Kami Atas nama Kelompok Ternak Pucak Manik dan Anggota Gapoktan Tri Loka Amertha Desa Lokapaksa dengan Segenap Kekurangan dan kelebihan, kami Merasa Bangga menjadi bagian dari program SIMANTRI, banyak hal positif yang menjadi kebanggan bagi kami selaku pelaksana program SIMANTRI 022 ini, Walau kami bukan sebagai jawara. Melalui media blogg ini kami akan uraikan kebanggan-kebanggan kami.
Sebelum artikel ini kami muat, diawal kami telah membuat bebrapa artikel yang menyangkut kebanggan kami diantaranya : 1. Keuntungan Dalam Membangun Usaha Berkelompok
Dengan berpijak dari semangat VISI & MISI Serta TUJUAN dari Kelompok Tani Ternak Pucak Manik, kami akan tetap bertahan dan terus mengembangkan diri walau rintangan menghadang kami akan tetap melangkah berbuat yang lebih baik untuk kepantingan orang banyak. di lain sisi teman-teman kami ada yang begitu cepat melasat akhirnya berhenti, namun kami berjalan selangkah demi selangkah menyonsong hari-hari kami kedepan yang sudah sedikit jelas tergambar kesejahteraan anggota kami 2-3-4-5 tahun kedepan hingga seterusnya, dengan didorong semangat kebijaan-kebijakan pemerintah yang lebih memihak kapada kami di desa.

Dari sisi infrastruktur pambangunan dikelompok, tahun ini semakin dilengkapi dengan adanya bantuan dari Dinas Pertanian dan Peternakan kabupaten Buleleng berupa sarana air bersih dengan sistem pompanisasi, yang mana sumber mata airnya bersumber dari sumber resapan air sungai sabha dengan jarak kurang lebih 1,5 Km dari kandang koloni. Kedepan kami tidak akan lagi mengalami kesulitan akan air bersih untuk aktifitas di kelompok kami. Dengan adanya air bersih ini kami akan pergunakan untuk Minum dan mandikan Sapi, Menyiram tanaman HMT di lahan yang telah kami persiapkan, mengembangkan usaha kolam ikan air tawar dan lain sebagainya.

Dari sisi pengembangan usaha, kami telah meningkatkan produksi pupuk organik/kompos maupun pupuk organik cair (Bio urine) dengan kapasitas produksi kami rata-rata mencapai 10 ton perbulan pupuk kompos, dan 800 liter bio urine perbulan. Untuk mendapatkan bahan baku ini tentu kami tidak mungkin bisa denan hanya menghandalkan produksi dari kandang SIMANTRI saja, namun kami mengambil dari lingkungan sekitar kandang koloni, dengan melibatkan masyarakat sekitar sebagi pekerja. Sebagai hasil kerja keras kami bersama kami sisihkan untuk anggota kami untuk dibelikan baju seragam, kelengkapan keselamatan kerja bagi anggota berupa Sepatu Boot, sarung tangan, masker dan kotak obat PPPK. di sektor ini dalam rangka memperkenalkan produk kami, kami telah mengikutsertakan produk kami dalam pameran pembangunan di buleleng beberapa waktu yang lalu. Untuk meningkatkan nilai jual produk kami, kami akan meningkatkan kwalitas kemasan produk kami yang akan kami launching di awal tahun 2012 nanti dengan kemasan yang lebih kompetitif.

Di akhir tahun ini sejalan dengan difungsikannya bantuan air bersih ini, kami di awal akan membangun 3 unit kolam permanent untuk usaha ikan air tawar dengan sumber dana SWADAYA, mengingat kami tidak memperoleh Paket bantuan kolam air tawar sebagaimana layaknya SIMANTRI yang lainnya. Sebagai rasa jengah kami, jika mereka yang hanya mengandalkan bantuan saja untuk membangun kolam terpal, tapi kami akan membangun KOLAM PERMANET secara SWADAYA. pembangunan ini kami awali di bulan desember 2011 ini dan selesai di bulan Maret 2012 nanti. 
Tidak hanya kolam permanent saja usaha kami akan kami kembangkan dengan budidaya ayam buras disamping kolam tersebut, dengan dana SAWDAYA akan kami bangun di awal bulan April 2012 nanti.
mengingat begitu banyaknya program SWADAYA, sumber dananya kami peroleh dari penjualan Pupuk Organik ditambah dari dana kerjasama dengan KOPERASI milik kami, yaitu KOPERASI TANI WERDHI SADHANA.

Melalui media ini  Kami sampaikan bahwa Kami atas nama seluruh anggota Kelompok Tani Ternak Pucak Manik merasa Bangga Sebagai Bagian dari SIMANTRI.

No Comment

Poskan Komentar

Mohon komentar mengenai blog ini, atas artikel, segala kekurangan dan kelebihan dalam blog ini demi kemajuan blog ini, Terimakasih...!

Posting Baru Posting Lama Beranda